Kiai Wahab Hasbullah, Gelar Pahlawan Nasional

KH-Wahab-Hasbullah1

JAKARTA, inibangsaku.com – Sekretaris Fraksi PPP DPR RI Arwani Thomafi mengapresiasi pemberian gelar anuegrah pahlawan nasional kepada Kiai Wahab Hasbullah. Menurut dia, sosok Kiai Wahab menginspirasi di tengah di situasi politik saat ini.

“Beliau dikenal teguh dalam memegang prinsip. Namun bila urusannya soal kebangsaan yang lebih luas, beliau akan menomorsatukannya,” ujar Arwani di gedung DPR, Kompleks Parlemen Senayan Jakarta, Jumat (7/11).

Hal lain yang menonjol pada diri Kiai Wahab, Arwani menyebutkan salah satu pendiri NU itu merupakan komunikator yang ulung. Komunikasi yang dirajut Kiai Wahab dilakukan kepada seluruh pihak baik lawan maupun kawan.

“Komunikasi yang dibangun untuk mencairkan ketegangan dan mencari titik temu di antara berbagai pihak. Itu yang menjadi prinsip utama dalam komunikasi Kiai Wahab. Ada semangat untuk merekatkan dan menyatukan seluruh komponen,” tambah Arwani.

Salah satu peninggalan yang penting dari Kiai Wahab, Arwani menyebutkan beliau merupakan sosok ulama yang menggelorakan cinta tanah air saat masa kemerdekaan.

“Beliau salah satu ulama yang gigih menggelorakan cinta tanah air sehingga madrasah yang didirkan selalau ada kata “wathon” yang berarti tanah air,” kata Arwani.

Lebih lanjut Arwani mengatakan dalam peringatan hari pahlawan tahun ini, pihaknya berharap keteladanan para pahlawan dapat ditransformasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Peringatan hari pahlawan semoag memberikan berkah kepada kita semua agar tetap mengedepankan kepentingan yang lebih luas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara,” tutup Arwani.

Sebelumnya Pemberian gelar pahlawan kepada Kiai Wahab Hasbullah dan sejumlah pihak lainnya merupakan rangkaian peringatan hari pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 November setiap tahunnya.

Pada tahun 2014 pemerinthan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-Kalla) memberikan gelar pahlawan nasional kepada empat orang tokoh. Mereka adalah Mereka adalah Letjen TNI (Purn) Djamin Ginting dari Sumatera Utara, Sukarni Kartodiwerjo (Jawa Timur), Muhammad Mangundiprojo (Jawa Tengah), dan KH Abdul Wahab Hasbullah (Jawa Timur). (IB/Bahaudin Marcopolo)

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Kiai Wahab Hasbullah, Gelar Pahlawan Nasional”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<