KH. Maimun Zubair Diharapkan Jadi Penengah

maimun-sda1

JAKARTA, inibangsaku.com – Analis politik Indonesia Public Institute (IPI) Karyono Wibowo menegaskan peran Ketua Majelis Syariah Partai Persatuan Pembangunan (PPP) KH. Maimun Zubair dalam meredam konflik internal dalam tubuh PPP cukup besar.

Hal tersebut diperkuat dengan kultur partai politik berlambang Ka’bah yang identik dengan budaya Nahdliyin. Dalam budaya Nahdliyin peran dan kedudukan ulama kharismatik begitu dominan dan menonjol.

“Nah, salah satu patron di PPP adalah mbah Maemun Jubair atau sering disapa Mbah Moen,” kata Karyono di Jakarta, Rabu (21/10).

Lebih lanjut penggiat demokrasi yang juga mantan aktivis GMNI menambahkan, selain faktor peran kiai sepuh, faktor lain yang berperan dalam menyelesaikan konflik internal PPP adalah kesadaran kolektif kader untuk menegakkan khittah dan ideologi.

“Selain itu, faktor eksternal seperti adanya relasi kepentingan politik antara KMP dengan KIH, atau yang lainnya juga menjadi variabel penting dalam rangka merekonstruksi PPP,” tutup Karyono. (IB/Bahaudin Marcopolo)

Tags

You may also like...

0 thoughts on “KH. Maimun Zubair Diharapkan Jadi Penengah”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<