Indonesia Punya Kereta Super Cepat

keretta704x400

PT. Kereta Api Indonesia (PT KAI) semakin memperbaiki layanannya sehingga moda transportasi massal ini lebih dapat mengangkut dan menarik banyak orang. Perbaikan layanannya saat ini sudah dibuktikan dengan perubahan sistem penumpang dengan adanya sistem boarding. Peningkatan layanan lainnya adalah kehadiran kereta super cepat yang akan mempersingkat waktu tempuh.

Kereta super cepat ini akan melayani rute Jakarta-Bandung dengan hanya memakan waktu sekitar 45 menit. Sedangkan beban tiket yang dipungut per penumpang sekitar Rp.200 ribu. Namun kereta super cepat ini baru dalam tahap persiapan. Jika tidak ada kendala diharapkan pada tahun 2018, kereta ini sudah dapat dioperasikan. Kereta super cepat Jakarta-Bandung adalah bagian dari jaringan transportasi massal yang mengoneksi Jakarta dengan berbagai daerah.

Selain rute Jakarta-Bandung, kereta super cepat ini juga memiliki rute Jakarta-Surabaya. Kereta super cepat yang akan dinamai ‘Argo Cahaya’ itu akan menempuh jarak Jakarta-Surabaya hanya dalam waktu 2,5 jam. ‘Argo Cahaya’ sendiri kemungkinan besar akan mengadaptasi sistem kereta cepat Shinkansen yang ada di Jepang. Diperkirakan pengembangan rute ini memakan biaya sebesar Rp. 150 triliun-180 triliun. Pengembangan itu meliputi pembukaan lahan baru bagi rel kereta cepat. Tak memungkinkan menggunakan jalur yang sudah ada, bisa dikarenakan kepadatan penduduk di sekitar jalur kereta. Jepang dan China kabarnya tertarik untuk melakukan pembangunan kereta super cepat ini.

Pelayanan PT KAI yang semakin membaik juga dibuktikan dengan kehadiran kereta yang memiliki fasilitas layaknya gotel berbintang lima. Kereta bintang lima berada di bawah PT Kereta Api Pariwisata yang masih berada di bawah bendera PT KAI. Kenyamanan penumpang selama menempuh perjalanan adalah hal yang utama pada jenis kereta ini. Kereta yang awalnya merupakan gerbong eksklusif kepresidenan ini memiliki tiga jenis yakni Bali, Toraja dan Nusantara.

Gerbong kereta ini sendiri maksimal dapat menampung satu grup berisikan 22 orang dengan kelengkapan fasilitas seperti toilet plus jacuzzi, pendingin ruangan, kamar karaoke, ruang VVIP dan mini bar. Kereta wisata bintang lima ini berada di stasiun awal Gambir, namun dapat berangkat dari stasiun manapun sesuai dengan permintaan penyewanya.

Memang gerbong kereta ini masih disambungkan dengan rangkaian gerbong kereta umum yang memiliki arah tujuan yang sama. Hanya saja gerbong ini sangat terbatas, dalam artian tidak sembarangan orang bisa masuk kecuali orang atau grup yang menyewa gerbong itu. Selain itu tingkat keamanannya dijamin dan dilengkapi dengan pemandu wisata yang siap memenuhi permintaan penyewanya. Kemudian rute yang ditempuh dijamin oleh PT KA Pariwisata tidak terkendala, jadi kenyamanan masih dapat diutamakan.

You may also like...

0 thoughts on “Indonesia Punya Kereta Super Cepat”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<