Kerambit, Senjata Paling Mematikan

Foto: nerdist
Foto: nerdist

Pada patung yang diyakini dari masa raja Adityawarman di Sumatera Barat, terlihat tengah memegang sebilah senjata yang sangat mirip dengan kerambit. Kerambit atau dalam budaya Minang disebut kurambik atau karambiak merupakansenjata berbentuk pisau yang mirip dengan cakar harimau. Senjata ini disebut sebagai senjata petarung sejati, betapa tidak penggunanya harus menguasai berbagai jurus yang dipakai agar kerambit tampil sebagai senjata. Di samping itu, si petarung harus memiliki mental yang sangat kuat, karena pertarungan dilakukan dalam jarak dekat.

Petarungan terakhir pada The Raid 2, menunjukan betapa kedua pesilat itu memiliki kemampuan yang sangat mumpuni. Bukan hanya petarungan tangan kosong, namun juga saat mengunakan kerambit. Sayatan, tusukan dan cabikan menunjukan betapa mengerikannya senjata kecil ini di tangan pesilat yang mumpuni. Kerambit hadir pula dalam video game Counter-Strike: Global Offensive dan Crossfire.

Kerambit diakui oleh dunia sebagai salah satu senjata paling mematikan di dunia. Ini dibuktikan dengan saluran televisi National Geographic yang membuat khusus film dokumenter tentang kerambit. Karena dianggap sebagai senjata mumpuni inilah beberapa produsen pisau ternama bahkan membuat dalam berbagai versi. Bila kerambit sebagai senjata tradisional suku Minang dibuat dengan dua mata, maka kerambit buatan komersil hanya memiliki satu mata saja.

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Kerambit, Senjata Paling Mematikan”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<