Kerajaan Islam di Sumatera (9), Kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu, Diperintah 4 Bagindo

Foto: indoplaces
Foto: indoplaces

Kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu atau yang lebih dikenal dengan nama Kerajaan Sungai Pagu ini kedudukannya berada di wilayah Solok Selatan pada saat ini. Terdapat perbedaan antara kerajaan-kerajaan di Minang dengan Kerajaan Sungai Pagu. Bisa jadi karena proses terbentuk masyarakat Sungai Pagu yang berbeda dengan wilayah Minang lainnya.

Menurut penelitian pakar sejarah, kerajaan itu berdiri di daerah yang dinamakan Kualo Banda Lakun, tempat bermukim masyarakat Melayu tua yang terdiri dari empat suku Sitatok, Sitarahan, Sianya dan Sipilihan. Tidak ada penjelasan asal usul empat suku tersebut. Kemudian datang masyarakat Melayu muda yang berasal dari Sungai Musi dan Batang Hari yang kemudian membentuk sistem pemerintahan di wilayah itu. Baru setelah pendatang dari Pagaruyung bermukim di wilayah ini kemudian membentuk kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu.

Kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu memiliki perbedaan dengan kerajaan-kerajaan yang ada di Minang. Raja atau sultan di kerajaan ini memiliki gelar Bagindo. Pemerintahannya terdiri dewan Bagindo yang terdiri dari empat Bagindo yang masing-masing memiliki jabatan dan fungsinya. Yang paling utama adalah Daulat Yang Dipertuan Bagindo Sultan Besar Tuanku Rajo Disambah (Rajo Alam). Dalam menjalankan pemerintahan Rajo Alam dibantu oleh Tuanku Rajo Batuah yang mengurusi agama dan pertambangan, Tuanku Rajo Bagindo yang menjalankan fungsi pada adat, tambo dan ekonomi, dan Tuanku Rajo Malenggang yang mengurusi pajak.

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Kerajaan Islam di Sumatera (9), Kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu, Diperintah 4 Bagindo”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<