Kerajaan Islam di Sumatera (8), Kerajaan Siguntur Tengah Membuka Eksistensinya

Foto: sultaninindonesie
Foto: sultaninindonesie

Diyakini bahwa Kerajaan Siguntur berasal dari Kerajaan Swarnabhumi Malayupuri Jambi, kerajaan ini adalah kerajaan kecil yang berada dalam kekuasaan kerajaan-kerajaan besar seperti Minangkabau, Singasari, Sriwijaya atau Majapahit.

Sultan Muhamad Syah bin Sora Iskandarsyah adalah sultan pertama ketika agama Islam sudah mempengaruhi berbagai sendi kemasyarakatannya di abad 14. Kerajaan Siguntur ini berada dalam wilayah kekuasaan Kerajaan Pagaruyung. Masyarakat dalam Kerajaan Siguntur menjalankan berbagai syariat Islam dalam kehidupannya.

Sampai saat ini para ahli waris Kerajaan Siguntur tengah mengumpulkan berbagai warisan kebudayaan dan lain-lainnya yang menunjukan eksistensi kerajaan itu. Proyek tersebut sudah berlangsung sejak tahun 1957 dan masih terus berlangsung hingga sekarang. Sutan yang ada saat ini adalah Sutan Hendri.

Tahun 1908 Kerajaan Siguntur harus berada di bawah Belanda yang mengambil semua benda kerajaan yang ada. Bahkan Tambo yang merupakan catatan atau dokumen kerajaan turut dibawa. Jelas menimbulkan kesulitan bagi ahli warisnya untuk merunut jejak-jejak leluhurnya.

Menurut para ahli sejarah, Kerajaan Siguntur memiliki hubungan dengan Kerajaan Swarnabhumi Malayupuri Jambi yang pernah dipindahkan ke Dharmasyraya pedalaman Riau. Ini merupakan hasil pembacaan dari prasasti Amoghapasa yang menyebutkan bahwa Sri Maharaja Tribhuwanaraja Muliawarmadewa bermukim di Dharmasyraya. Peninggalan Kerajaan Siguntur saat ini disimpan di Museum Adityawarman Padang dan Balai Pelestarian Purbakala, Batusangkar.

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Kerajaan Islam di Sumatera (8), Kerajaan Siguntur Tengah Membuka Eksistensinya”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<