Kerajaan Islam di Sumatera (4), Kesultanan Lamuri Cikal Bakal Kesultanan Besar

Foto: wikimedia
Foto: wikimedia

Dahulu sebelum mencapai kejayaannya Kesulatanan Aceh Darussalam adalah bagian dari wilayah Kesultanan Lamuri. Wilayah Kesultanan Lamuri saat ini berada di kabupaten Aceh Besar, kecamatan Mesjid Raya. Kesultanan Lamuri memiliki pusatnya di Lam Reh.

Kesultanan Lamuri sudah dikenal oleh para pelancong dan para pelaut yang berasal dari berbagai bangsa. Seperti Zhao Rugua menuliskan terdapat kerajaan ‘Lan wu li’ yang berada di bawah kerajaan Sriwijaya (San fo chi). Pun dalam kitab Nagarakertagama dituliskan pula Lamuri merupakan kerajaan yang berada di bawah Majapahit. Sedangkan dalam tulisan Tomé Pires asal Portugis, Lamuri menginduk pada raja Aceh.

Sayangnya tidak banyak catatan yang menuliskan tentang eksistensi Kesultanan Lamuri ini selain menjadi cikal bakal dari Kesultanan Aceh Darussalam. Temuan hanya terdapat dafri berbagai nisan yang ditemukan di 17 kompleks pemakaman. Dalam inskripsi nisan tersebut ditemukan bahwa ada 10 raja Lamuri dengan delapan nisan bergelar malik dan dua bergelar sultan.

Di daerah Lam Reh itu terdapat makam Sultan Sulaiman bin Abdullah yang diyakini raja pertama di Nusantara yang memakai gelar Sultan.

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Kerajaan Islam di Sumatera (4), Kesultanan Lamuri Cikal Bakal Kesultanan Besar”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<