Kerajaan Islam di Jawa (5), Kesultanan Mataram Dibelah VOC

mataram
Foto: joglowista

Kesultanan Mataram berawal dari Ki Ageng Pemanahan diberi tanah kekuasaan di wilayah yang dinamakan Bumi Mentaok oleh sultan Pajang, Hadiwijaya, atas jasanya melawan Arya Penangsang. Kesultanan Mataram mengalami masa keemasannya di bawah kekuasaan Sultan Agung Hanyokrokusumo alias Mas Rangsang. Wilayah kekuasaannya berada di Jawa Tengah dan Jawa Timur, serta Madura. Sultan Agung pun menggalang kekuatan dengan kesultanan Banten dan Cirebon menyerang VOC di Batavia.

Pengaruh Mataram dalam masa modern saat ini masih dapat ditemukan. Misalnya sistem persawahan di Pantai Utara (Pantura), pengunaan aksara Hancaraka dalam kenudayaan Jawa dan Sunda dan beberapa batas-batas administrasi wilayah saat ini yang mengacu pada pembuatan wilayah oleh kerajaan Mataram.

Kerajaan Mataram merupakan kerajaan yang menentang VOC yang terlalu banyak merugikan kehidupan perdagangan di Jawa. Bahkan Sultan Agung memprakarsai serangan ke benteng VOC di Batavia. Ekspedisi militer Mataram itu kemudian banyak meningalkan jejak-jejaknya di Jakarta. Sayangnya Mataram harus tersingkir dan terpecah-pecah ketika terjadi konflik di dalam tubuh keluarga kerajaan. Keraton Ngayokarta Hadiningrat, Kesunanan Surakarta, Mangkunegaran dan Paku Alaman adalah merupakan pecahan dari kerajaan Mataram.

VOC berhasil masuk ke dalam kerajaan Mataram karena terjadinya perselisihan pada jaman pemerintahan Amangkurat I yang berselisih dengan Trunojoyo. Ketika pemerintahan Amangkurat III berlangsung, VOC melihat sebagai raja yang menentang perusahaan besar itu. Kemudian VOC menaikan Pakubuwono I sebagai raja. Maka terdapat dua raja dalam satu wilayah, Amangkurat III pun melawan VOC yang berakibat ditawan dan diasingkan ke Srilangka.

Konflik internal baru mereda pada masa Pakubuwono III dengan Perjanjian Giyanti yang membagi Mataram menjadi dua wilayah kerajaan; Ngayogyakarto dan Kasunanan Surakarta. Dalam perjalanan sejarah dua wilayah itu masih terbagi lagi Kasunanan Surakarta akan terbagi dengan hadirnya Mangkunegaran. Sedangkan Ngayogyakarto akan terpecah dengan adanya Paku Alaman. Akhir Perang Jawa di tahun 1830 membuat kerajaan Mataram berada di tangan pemerintahan kolonial Hindia Belanda.

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Kerajaan Islam di Jawa (5), Kesultanan Mataram Dibelah VOC”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<