Kerajaan Islam di Jawa (2), Kesultanan Demak Penyerang Portugis

Foto: berpendidikan
Foto: berpendidikan

Dalam masa kejayaan Kerajaan Demak terdapat dua nama yang tak bisa terluapakan, Pati Unus dan Sulan Trengana. Keduanya memajukan Demak melebihi kerajaan-kerajaan lainnya yang dahulu berada di bawah Kerajaan Majapahit. Di abad 16 Demak menjadi kerajaan kuat di pulau Jawa. Ekspansi yang dilakukan seperti kerajaan Majapahit. Disinilah berdiri Masjid Agung Demak yang dibangun oleh Walisongo.

Pati Unus membuat Demak menjelma menjadi kerajaan dengan armada laut yang kuat. Meskipun kekuasaanya tidak seluas Majapahit, namun sudah membuktikan diri mampu menjadi kerajaan terkuat di kawasan Nusantara. Pati Unus juga pernah membuat beberapa ekspedisi militer yang memiliki tugas menyerang Portugis yang ada di Malaka. Pati Unus melihat Portugis sebagai ancaman yang harus disingkirkan.

Sedangkan Trenggana melakukan penyebaran Islam dari Jawa tengah hingga Jawa Timur. Kemudian menguasai pula Jawa Timur. Bahkan ia kemudian merebut Sunda Kelapa yang masuk dalam wilayah bawahan kerajaan Pajajaran. Trenggana juga pernah bentrok dengan Portugis yang akan mendarat di Sunda Kelapa.

Dalam catatan sejarah sebutan kerajaan Demak ada dua penyebutan untuk Demak. Demak Bintoro adalah lokasi awal kerajaan ini berada karena ibukotanya berada di Bintoro. Sedangkan pada masa Sunan Prawoto yang mengantikan Trenggana, maka Demak mendapat sebutan baru Demak Prawoto. Sebutan itu juga mengacu pada ibukota baru Demak yang berada di Prawoto.

Konon Demak adalah kerajaan yang mewarisi kerajaan Majapahit. Ini karena Raden Patah dianggap menjadi penerus langsung kerajaan Majapahit. Pada era pemerintahan Trenggana mengirimkan ekspedisi militer ke kerajaan Majapahit dan berhasil menundukannya di tahun 1527.

Kerajaan Demak dikenal sebagai kerajaan Islam yang kemudian menjadi perintis penyebaran Islam di Nusantara. Sayangnya Demak tidak mampu bertahan akibat rongongan dari dalam sendiri berupa perebutan kekuasaan di antara kerabat kerajaan. Kelak akan muncul kerajaan baru bernama Pajang yang menjadi kekuatan baru di tanah Jawa. Dengan Joko Tingkir sebagai rajanya yang mendapatkan tahta Demak dengan menyingkirkan Aryo Penangsang. Kemudian Joko Tingkir memboyong Demak ke Pajang.

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Kerajaan Islam di Jawa (2), Kesultanan Demak Penyerang Portugis”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<