Kemenkumham Tidak Bisa Bubarkan FPI

Ahok_FPI_1

JAKARTA, inibangsaku.com – Perseteruan antara Plt Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaj Purnama dengan ormas Front Pembela Islam (FPI) terus mengemuka.

Basuki Tjahaj Purnama yang akrab disapa Ahok berniat membubarkan ormas Islam pimpinan Habib Rizieq tersebut. Sebaliknya ormas FPI semakin gencar melakukan aksi unjuk rasa menolak kepemimpinan Ahok di DKI Jakarta.

Menanggapi hal tersebut Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM) tidak dapat menindaklanjuti surat rekomendasi Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) untuk membubarkan ormas FPI. Hal tersebut disebabkan ormas FPI tidak terdaftar sebagai sebuah organisasi yang berbadan hukum.

FPI bukanlah organisasi yang dinaungi Kemenkum HAM. Fakta ini ditemukan setelah Kemenkum HAM menerima surat dari Ahok yang kemudian melakukan penelusuran dokumen FPI.

“Disitulah baru diketahui bahwa FPI tidak terdaftar sebagai badan hukum, baik sebagai yayasan, perkumpulan, maupun perhimpunan,” kata Yasona Hamonangan Laoly  kepada wartawan saat dihubungi di Jakarta, Kamis (13/11)

Mantan anggota komisi II DPR RI tersebut mengaku pihaknya  hanya bisa menindaklanjuti surat rekomendasi pembubaran FPI yang dilayangkan Ahok apabila FPI mempunyai badan hukum.

“Kalau dia (FPI) berbadan hukum, penanganannya lewat kami melalui Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (AHU),” kata Yasonna.

Dengan begitu kata Yasona fatwa Mahkamah Agung (MA) yang mengatakan perlu adanya rekomendasi dari Kemenkumham juga tidak bisa dilakukan. Kemenkumham hanya bisa memberikan rekomendasinya jika FPI terdaftar sebagai organisasi berbadan hukum.

“Harus ada peringatan pertama, kedua, ketiga terhadap FPI, baru kemudian dilanjutkan dengan rekomendasi fatwa,” demikian Yasonna. (IB/Bahaudin Marcopolo)

Sumber Foto : Istimewa

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Kemenkumham Tidak Bisa Bubarkan FPI”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<