Kekayaan Kerajinan Patung Kota Batu

dian Budaya 4,320 views 0 0
IB

IniBangsaku – Kota Batu di Malang selama ini terkenal akan hawanya yang sejuk serta kebun-kebun apelnya dimana pengunjung bisa merasakan memetik apel Malang yang khas dan sedap. Akan tetapi, Batu bukan hanya terkenal akan industri agrowisatanya. Batu yang merupakan salah satu kota perbukitan ini ternyata juga memiliki berbagai industri lokal yang sangat kaya dan khas.

Jika Anda berkunjung ke Batu, Anda bisa menemukan industri lokal seperti industri cobek, gerabah, ukiran kayu bahkan biola yang sudah diekspor ke luar negeri. Akan tetapi, salah satu industri paling khas di Kota Batu memiliki nama yang sesuai, yaitu industri patung batu.

Industri patung batu termasuk yang paling umum dijumpai di Kota Batu jika dibandingkan dengan berbagai kerajinan lainnya. Hal ini karena batu alam yang menjadi bahan baku utamanya sangat mudah ditemukan. Keuntungan ini tidak lepas dari kondisi geografis dan kontur wilayah Batu yang unik.

Secara geografis, Kota Batu dikelilingi oleh tiga buah gunung, yaitu Gunung Welisang, Panderman dan Arjuno. Selain itu, kontur wilayah di daerah ini memang lebih banyak berupa bukit dan gunung ketimbang dataran. Itulah sebabnya bahan baku pembuatan patung bisa ditemukan dengan mudah; para pengrajin bisa mendapatkan batu berkualitas dari berbagai ukuran yang bisa diubah menjadi beragam bentuk dan ukuran patung.

 

Jenis Industri Patung Kota Batu

Ada dua macam kerajinan patung batu yang bisa ditemukan dan menjadi ciri khas di Kota Batu, yaitu kerajinan batu biasa dan batu onyx. Keduanya memiliki ciri khas berbeda, namun tetap memiliki kelas pelanggan dan penggemarnya masing-masing. Sentra untuk kerajinan dua jenis patung batu ini sama-sama berada di daerah Dadaprejo, Junrejo. Jadi, hanya dengan berkunjung ke satu tempat, pengunjung bisa menemukan dua jenis patung batu yang karakteristiknya cukup kontras.

Patung batu biasa terbuat dari batu alam atau batu vulkanik berwarna abu-abu gelap dengan tekstur kasar yang khas. Patung batu semacam ini termasuk umum di Pulau Jawa, termasuk di Batu. Anda bisa dengan mudah menemukan bermacam-macam bentuk patung batu ini, mulai dari patung kecil untuk pajangan di meja atau rak, patung berukuran sedang untuk di dalam rumah, hingga patung besar untuk dipajang di taman, lobi hotel  atau dimanapun Anda suka.

Warna kelabu dan tekstur kasar batu justru membuat patung-patung ala Kota Batu ini digemari, karena memberikan kesan kuno dan ‘purba.’ Akan tetapi, patung ini tetap menunjukkan kehalusan dan detail yang sangat khas kerajinan Jawa. Perhatikan patung-patung yang menggambarkan ukiran wayang, misalnya; Anda akan dibuat terkesima dengan detail-detail kecil yang diukir dengan sangat halus pada gelombang rambut, perhiasan dan pakaian patung.

Hewan merupakan salah satu bentuk favorit untuk pesanan patung di Batu

Selain untuk pajangan, para pengrajin patung batu juga bisa membuat patung dengan fungsi khusus, misalnya untuk air mancur hias atau dekorasi di kolam hias dan tempat pemandian. Hotel-hotel, pemilik rumah pribadi dan pengelola villa yang bergaya tradisional kadang juga memesan patung batu untuk dekorasi kolam renang atau spa dengan fungsi tertentu, misalnya mengalirkan air ke kolam.

Lain halnya dengan patung batu onyx. Patung batu onyx biasanya lebih berkesan klasik dan elegan karena warna batu ini yang putih serta permukaannya yang halus. Patung ini lebih memberikan kesan anggun dan cocok bagi yang lebih menyukai dekorasi yang bersifat elegan. Sama seperti patung batu biasa, patung batu onyx juga tidak pernah kekurangan pemesan walaupun harganya bisa agak lebih mahal daripada patung batu yang biasa.

Kedua jenis patung batu ini bukan hanya laris di kalangan pembeli lokal, namun juga pembeli di luar Malang dan bahkan Jawa. Patung-patung batu dan batu onyx dari Kota Batu sudah dijual ke Surabaya, Bandung, Jakarta, Bali dan berbagai propinsi lain di Indonesia. Patung-patung ini bahkan juga menjadi buruan turis mancanegara.

Anda dapat menemukan patung-patung berbentuk tokoh-tokoh wayang atau binatang, namun pengrajin kontemporer pun bisa membuat bentuk-bentuk tertentu seperti bunga, kendaraan tradisional, figur manusia yang melakukan suatu aktifitas hingga figur tokoh sejarah. Selain membeli langsung di sentra kerajinan, ada juga studio yang menerima pesanan khusus.

 

Usaha Promosi Kerajinan Patung Khas Batu

Saat ini, pemerintah daerah Jawa Timur sedang giat menggalakkan program pengenalan kerajinan khas Batu sebagai salah satu daya tarik wisata selain industri agrowisatanya. Hal ini dilakukan dengan cara memasukkan informasi kerajinan patung batu khas Batu termasuk lokasi sentra kerajinanya di dalam informasi pariwisata dan situs resmi pemerintah daerah Malang.

Usaha promosi kerajinan patung khas Batu ini juga mendapat respon berbagai pihak. Kini, makin banyak biro wisata yang memasukkan daerah Dadaprejo sebagai salah satu tujuan wisata dalam paketnya untuk menunjukkan kekayaan kerajinan lokal. Selain itu, makin banyak pemilik studio kerajinan patung di Batu yang merangkul teknologi; mereka menggunakan fasilitas situs dan blog untuk mempromosikan serta menjual karya-karya mereka ke luar Jawa bahkan Indonesia.

Dengan makin maraknya tren melindungi dan mempopulerkan kerajinan khas Indonesia, karya patung batu khas Kota Batu seharusnya juga bisa lebih populer dan mendapat tempat di hati masyarakat luas. Kini, tergantung upaya pemerintah lokal dan masyarakat untuk bisa semakin mempopulerkan kerajinan patung khas Kota Batu. ( ary )

 

by: Putri Prihatini

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Kekayaan Kerajinan Patung Kota Batu”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<