Kebijakan Jokowi Naikkan BBM Inkonstitusional

6Y7rTr2KGY

JAKARTA, inibangsaku.com – Kebijakan presiden Joko Widodo yang menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) menuai kritik banyak pihak.

Pemikir politik dan tata negara asal Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (SIGMA) M. Iman Nasef menjelaskan bahwa Kebijakan menaikkan harga BBM tidak memenuhi syarat konstitusional. Merujuk kepada Pasal 33 ayat (2) UUD 1945, Minyak dan Gas Bumi (Migas) termasuk di dalamnya BBM adalah cabang produksi yang dikuasai negara karena menguasai hajat hidup orang banyak.

“Hal ini juga diperkuat dengan putusan MK No. 002/PUU-I/2013 tentang pengujian UU No. 22/2001 tentang Migas,” kata Nasef di Jakarta, Selasa (18/11).

Penggiat demokrasi yang juga tergabung dalam Forum Pasca Sarjana Hukum Tatav Negara Universitas Indonesia (Forpas HTN UI) menambahkan Hak menguasai negara bermakna negara berhak mengambil kebijakan, mengatur, mengurus, mengelola dan mengawasi cabang produksi yang menguasai hajat hidup orang banyak tersebut.

Akan tetapi, perlu diingat konstitusi juga mengamanatkan bahwa hak mengusai itu dilakukan dengan syarat untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat sebagaimana tertera dalam Pasal 33 ayat (3) UUD 1945. Lantas apakah kebijakan presiden Joko Widodo menaikkan harga BBM memenuhi syarat konstitusional?

Jika dilihat dari dampak yang ditimbulkan dari kenaikan harga BBM yang mencapai angka 8.500 untuk premium dan 7.500 untuk solar ini, tentu akan berakibat pada meningkatnya harga-harga kebutuhan pokok dan kebutuhan hidup lainnya, padahal kita ketahui income warga negara kita tidak mengalami kenaikan.

“Oleh sebab itu, kebijakan ini alih-alih akan memakmurkan rakyat justru sebaliknya akan makin membebani rakyat, sebab sudah pasti akan menurunkan daya beli masyarakat. Kalau itu yang terjadi, jelas kebijakan menaikkan harga BBM ini tidak memenuhi syarat konstitusonal,” tambah Nasef menegaskan. (IB/Bahaudin Marcopolo)

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Kebijakan Jokowi Naikkan BBM Inkonstitusional”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<