Kapal Selam Indonesia, Misterius?

Foto: asiaone
Foto: asiaone

Para pengamat militer barat tak dapat menyebutkan jumlah pasti kapal selam yang dimiliki oleh armada laut Indonesia. Sebut saja kapal selam Kilo Class sudah ada dalam jajaran armada laut Indonesia, namun jumlah pastinya masih dalam perdebatan. Ada yang menyebutkan dua kapal selam, namun ada yang yakin bahwa Indonesia memiliki 4 hingga 6 kapal selam Kilo Class. Bahkan jumlah keseluruhan kapal selam Indonesia menurut pengamat militer barat lebih dari 30 kapal.

Wajar saja pengamat militer Indonesia bertanya-tanya, sejak era presiden Megawati, Susilo Bambang Yudoyono hingga Jokowi, Indonesia terlihat memfokuskan pembelian kapal selam untuk memperkuat dan mempermodern alutsista. Pada masa pemerintahan presiden SBY, Indonesia memesan tiga kapal selam dari Korea Selatan. Tentunya dengan persyaratan Transfer of Technology. Kemudian pada era presiden Jokowi mendatangi galangan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering, yang pernah mengupgrade kapal selam lama Indonesia dan memproduksi kapal selam baru untuk Indonesia berikut transfer teknologi.

Kabarnya ada perbedaan antara kapal selam pesanan pada era presiden SBY dan Jokowi yang sama-sama berjumlah tiga unit. Jika demikian Indonesia sudah memiliki 6 kapal selam yang siap menjaga perairan Nusantara. Dalam siaran pers lainnya, Jokowi memesan 3 kapal selam dari Korea Selatan dengan kondisi 2 kapal selam dibuat di galangan Daewoo dan 1 kapal selam dibuat di galangan kapal selam milik PT PAL Surabaya.

Kapal selam yang memiliki nama pembuatan Improved Changbogo (DSME-209) itu masih memiliki hubungan dengan kapal selam kelas U-209 1300 buatan Jerman yang sudah dimiliki Indonesia, yakni KRI Cakra (401) dan KRI Nanggala (402). Improved Changbogo adalah kapal selam varian U-209 1400 yang tentunya dijejali dengan teknologi terbaru. Tahun ini satu kapal selam pesanan Indonesia sudah berada dalam jajaran kekuatan Angkatan Laut Indonesia. Baru tahun 2018 rencananya sisanya akan terselesaikan. Ada kabar lain datang dari Russia yang menawarkan 10 kapal selam kelas Kilo dalam bentuk hibah.

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Kapal Selam Indonesia, Misterius?”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<