Kang Emil Bacakan Dasasila Bandung Dengan Fasih

emil

Bandung, Inibangsaku.com – Di atas podium KAA Ridwan Kamil memperkenal diri sebagai wali kota Bandung. Dengan peci dan berjas, dia kemudian menyampaikan salam pembuka tentang kota Bandung tatkala menggagas dan menggelar KAA pada 1955.

Ridwan Kamil menyampaikan rasa terima kasih kepada para pemimpin Asia dan Afrika yang telah hadir, serta ke pada Presiden Jokowi sebagai presiden Indonesia.

Emil  yang fasih dengan bahasa Inggris kemudian membacakan dasasila Bandung yakni sepuluh poin hasil pertemuan Konferensi Asia–Afrika yang dilaksanakan pada 18-25 April 1955 di Bandung. Dasasila ini berisi tentang ‘Pernyataan mengenai dukungan bagi kedamaian dan kerjasama dunia’:

1. Menghormati hak-hak asasi manusia dan menghormati tujuan-tujuan dan prinsip-prinsip dalam Piagam PBB
2. Menghormati kedaulatan dan keutuhan wilayah semua negara
3. Mengakui persamaan derajat semua ras serta persamaan derajat semua negara besar dan kecil
4. Tidak campur tangan di dalam urusan dalam negeri negara lain
5. Menghormati hak setiap negara untuk mempertahankan dirinya sendiri atau secara kolektif, sesuai dengan Piagam PBB
6. (A) Tidak menggunakan pengaturan-pengaturan pertahanan kolektif untuk kepentingan khusus negara besar mana pun, (B) Tidak melakukan tekanan terhadap negara lain mana pun
7. Tidak melakukan tindakan atau ancaman agresi atau menggunakan kekuatan terhadap keutuhan wilayah atau kemerdekaan politik negara mana pun
8. Menyelesaikan semua perselisihan internasional dengan cara-cara damai, seperti melalui perundingan, konsiliasi, arbitrasi, atau penyelesaian hukum, atau pun cara-cara damai lainnya yang menjadi pilihan pihak-pihak yang bersangkutan sesuai Piagam PBB.
9. Meningkatkan kepentingan dan kerja sama bersama
10. Menjunjung tinggi keadilan dan kewajiban-kewajiban internasional

Sebagai penutup pidatonya, dia menyampaikan salam dan berharap para pemimpin negara Asia Afrika dapat menikmati kota Bandung, sebagai kota yang menggagas hak asasi pertama di Indonesia.

(sumber:Angga inibangsaku.com)

You may also like...

0 thoughts on “Kang Emil Bacakan Dasasila Bandung Dengan Fasih”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<