Kampung Tugu, Jejak Akulturasi Portugis – Indonesia

dian Budaya 1,290 views 0 0
kmp tugu

Inibangsaku.com – Tahukah Anda, jika kata bola, meja, sepatu, boneka, jendela, dan armada berasal dari bahasa Portugis? Ya, kata tersebut muncul ketika dahulu bangsa Portugis menduduki Indonesia selama berabad-abad. Akhirnya, terjadilah akulturasi budaya antara Indonesia dan Portugis. Akulturasi yang merupakan bagian dari sejarah ini adalah kekayaan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia hingga saat ini.

 

Sejarah panjang bangsa Indonesia dengan Portugis melahirkan banyak hal dan merata di seluruh tanah air. Salah satunya di Jakarta, terdapat peninggalan hidup bangsa Portugis. Salah satu yang ada adalah Kampung Tugu di kawasan Jakarta Utara. Johan Sopaheluwakan, Sekretaris Ikatan Keluarga Besar Tugu mengungkapkan jika kampung ini bernama kampung Tugu yang berasal dari kata Kampung Portugis, yang lama kelamaan hanya disebut Kampung Tugu saja. Di sana tinggal sekelompok orang yang menyebut dirinya sebagai keturunan Portugis dan tetap mencoba mempertahankan beberapa budaya Portugis dalam hidup keseharian mereka. Namun di tengah gelombang modernisasi yang melanda Jakarta dewasa ini, sangat sulit bagi mereka untuk tetap dapat mempertahankan identitas mereka sebagai keturunan Portugis. Perkembangan modernisasi dan ekonomi telah menggerus keaslian budaya mereka saat ini, sehingga ciri budaya Portugis semakin hilang ditelan perkembangan jaman.

Salah satu yang masih berusaha bertahan adalah kesenian Keroncong Tugu. Musik keroncong ini, yang banyak dipengaruhi kesenian Portugis masih berusaha bertahan di tengah maraknya berbagai jenis musik yang berkembang di tanah air. Kondisinya saat ini tidaklah begitu bagus dan jika tidak dipelihara dengan baik, maka jejak hidup salah satu pengaruh kebudayaan Portugis di Indonesia dikhawatirkan akan hilang.

You may also like...

0 thoughts on “Kampung Tugu, Jejak Akulturasi Portugis – Indonesia”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<