Kampung Melayu, Dihuni Etnis Melayu

Kampung_Melayu1

JAKARTA, inibangsaku.com – Saat ini kawasan Kampung Melayu masuk dalam kawasan Kotamadya Jakarta Timur. Nama Kampung Melayu mulai mencuat ke permukaan pada abad ke 17. Dinamakan Kampung Melayu sebab daerah tersebut banyak dihuni oleh penduduk dari kawasan Melayu.

Rachmat Ruchiat dalam bukunya berjudul ‘Asal-Usul Nama Tempat di Jakarta’ menjelaskan pada abad ke 17 kawasan Kampung Melayu dijadikan sebagai tempat bermukimnya orang Melayu dari Semanajung Malaka dibawah pimpinan Kapten Wan Abdul Bagus.

Selama masa hidupnya Kapten Wan Abdul Bagus adalah loyalis penjajah Kolonial Belanda. Berbagai karir dalam hidupnya didedikasikan penuh untuk Kolonial, ia pernah menjabat sebagai juru tulism juru bahasa, panglima dibeberapa medan perang dan terakhir menjabat sebagai duta besar perwakilan Pemerintah Kolonial Belanda.

Kiprah Kapten Wan Abdul Bagus dalam medan perang cukup teruji. Ia dan pendukungnya pernah membantu Kompeni dan Mataram dalam Perang dengan Trunojoyo pada tahun 1680-an. Kemudian ia juga membantu pemerintah Kolonial Belanda dalam perang saudara di Kerajaan Banten antara Sultan Ageng Tirtayasa dengan Sultan Haji.

Kala itu Kapten Wan Abdul Bagus membantuk pemerintah colonial mendukung Sultan Haji untuk merebut tahta dari ayahnya Sultan Ageng Tirtayasa.

Menjelang akhir hayatnya, pemerintah Kolonial Belanda mengangkat dirinya sebagai Regering commisaris semacam duta besar untuk kawasan Sumatera Barat.

Kapten Wan Abdul Bagus sendiri meninggal pada usia 90 tahun, tepatnya pada tahun 1716. Posisinya sebagai Kapten Melayu digantikan oleh putranya yang tidak sah Wandullah. Wandullah ditunjuk sebagai pengganti lantaran pewaris tunggal Kapten Abdul Bagus, Wan Mohammad telah terlebih dahulu meninggal mendahului sang ayah. (IB/Bahaudin Marcopolo)

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Kampung Melayu, Dihuni Etnis Melayu”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<