Kalender Jawa Buatan Sultan Agung (2)

foto: plus
foto: plus

Pada bagian sebelumnya sudah dituliskan Sultan Agung memformulasikan tahun Jawa dari berbagai penanggalan yang ada di masyarakat pada waktu. Kalender Jawa dibuat bukan hanya untuk memformulasikan tiga penanggalan yang berbeda. Lebih dari itu tujuan dari pembuatan kalender ini adalah menciptakan persatuan dan kesatuan masyarakat Mataram yang berada dalam kolonialisasi Belanda.

Sebelumnya juga sudah dituliskan berbagai penyebutan untuk nama-nama periode waktu yang ada dalam tahun Jawa tersebut. Berikut terdapat pula penyebutan nama hari pasaran, pranatamangsa dan wuku;

  • Penyebutan nama hari pasaran (berurutan): Pon, Wage, Kliwon, Legi dan Pahing.
  • Penyebutan nama pratanamangsa (berurutan): Kasa, Karo, Katiga, Kapat, Kalima, Kanem, Kapitu, Kawulo, Kasanga, Kasepuluh, Desta dan Sada.
  • Penyebutan nama wuku (berurutan): Sinta, Nladep, Wukir, Kurantil, Tolu, Gumbeg, Warigalit, Julungwangi, Sungsang, Galungan, Kuningan, Langkir, Mandasiya, Julungpujud, Pakang, Kuruwelud, Marakah, Tambir, Madangkungan, Maktal, Wuye, Manail, Prangbabat, Bala, Wugu, wayang, Kulawo, Dukut dan Watugunung.

Periode waktu tersebut dimaksudkan untuk membaca umur dan sifat masing-masing orang yang lahir pada waktu tersebut.

Menurut para ahli tahun JAwa memiliki keistimewaan yang selama ini dicari para ahli penanggalan Masehi. Pada penanggalan Masehi membutuhkan waktu 28 tahun matahari terjadinya tanggal dan hari yang sama. Sedangkan tahun Jawa dengan Windu Chandra Pramana yang memiliki periode 2835 hari selaras dengan perhitungan Pakuwon.

Dengan demikian setiap windunya (8 tahun) terjadi pengulangan penyebutan tanggal, bulan dan tahun yang jatuh pada hari dan pasaran yang sama. Satu Windu berisikan 81 lapan yang setiap lapannya berisikan 35 hari. Satu Windu berjumlah 96 bulan kalender dan 2835 hari. Namun pada setiap 15 Windu terdapat satu kali penyelewengan yang menyebabkan maju 1 hari.

Sumber: Aneka Ragam Khasanah Budaya Nusantara IV. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Kalender Jawa Buatan Sultan Agung (2)”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<