Kabinet Kerja Mulai Diserang

jokowi1

JAKARTA, inibangsaku.com – Ditunjuknya Sudirman Said sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam kabinet Joko Widodo-Jusuf Kalla membuat gerah banyak pihak.

Pengamat Energi, Minyak dan Gas (Migas) Hendrajit menilai bahwa Sudirman Said adalah sosok yang tidak bisa lepas dari pengaruh mafia migas.

“Sudirman Said sebagai menteri ESDM otomatis akan menjadi bagian dari mafia migas,” kata Hendrajit dalam diskusi di Resto Gallery Cafe, Cikini, Jakarta, Minggu malam (26/10).

Menurutnya, masuknya nama Sudirman Said dalam jajaran kabinet Jokowi lantaran ingin menguasai sektor migas.

“Apalagi dengan masuknya nama Arifin Panigoro dan Ari Sumarmo, berarti memang ingin benar-benar ingin menguasai migas,” pungkas dia.

Trisakti sebagai ajaran Bung Karno sebagai pola dasar pembangunan yang diusung oleh Jokowi-JK hanya sebatas jargon. Apalagi dengan adanya munculnya sejumlah nama yang berasal dari kalangan neolib dan merupakan konglomerat hitam, seperti Bambang Brojonegoro yang ditunjuk sebagai menteri keuangan.

“Bambang Brojonegoro dalam pandangan ekonomi dia begitu resisten sebagai neolib abu-abu, dan liberalisasi migas berupaya dipertahankan jika kelompok ini masuk,” ujar Hendrajit.

Melihat susunan kabinet yang diusulkan oleh Rumah Transisi, Hendrajit menjadi ragu pemerintahan Jokowi bisa menjalankan program Trisakti. Selain nama-nama di atas, ditunjuknya Ryamizard Raycudu sebagai Menteri Pertahanan pun diragukan kemampuannya menjawab dan menjabarkan ajaran Trisakti.

“Menurut saya yang mampu memahami pembangunan adalah orang sipil. Karena berbicara kemandirian pembangunan tidak cukup hanya dengan membicarakan tank Scorpion atau alutsista lainnya,” demikian Hendrajit. (IB/Bahaudin Marcopolo)

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Kabinet Kerja Mulai Diserang”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<