Jusuf Kalla: Harga Beras Naik Bukan Karena Kurangnya Stok Beras

1402277267842193257

Jakarta, Inibangsaku.com – Wakil Presiden Jusuf Kalla memastikan bahwa pemerintah tidak akan membuka keran impor beras dalam waktu dekat. Menurut dia, stok beras dalam negeri masih aman sehingga belum perlu mengimpor beras.

“Enggak, enggak, sampai sekarang enggak (perlu impor), artinya impor itu kalau perlu,” kata Kalla di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Senin (23/2/2015).

Kendati demikian, Kalla mengatakan bahwa langkah pemerintah tersebut bukan berarti selamanya menutup keran impor. Menurut dia, impor beras akan diberlakukan jika memang diperlukan dalam kondisi tertentu. Namun, sejauh ini, lanjut Kalla, kenaikan beras yang terjadi belakangan ini bukan karena kurangnya stok beras, melainkan ada masalah dalam administrasi penyalurannya.

“Tapi, sekarang ini setelah kita pelajari,  masalah suplai raskin (beras untuk warga miskin) yang kurang dari 350.000 ton,” kata dia.

Oleh karena itu, Wapres memerintahkan Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk menyalurkan 300.000 ton raskin pada bulan ini. Diharapkan, penyaluran raskin tersebut bisa menstabilkan harga.

Senada dengan Wapres, Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil juga menyatakan pemerintah belum akan melakukan impor beras dalam waktu dekat. Kendati demikian, menurut dia, pemerintah mungkin mengimpor beras pada tahun depan untuk cadangan sekaligus mencapai sasaran swasembada.

“Sebagaimana diketahui, buat cadangan, sasaran swasembada, paling tahun depan. Sekarang ini kalau produksi meningkat, kita enggak perlu impor,” ucap dia.

Diberitakan sebelumnya, harga beras mulai naik dalam beberapa pekan terakhir. Di pasar-pasar, beras kualitas menengah yang awalnya Rp 9.000 per kilogram kini rata-rata sudah naik 30 persen menjadi Rp 12.000 per kilogram. Untuk kualitas premium, harganya sudah mencapai Rp 15.000 per kilogram dari sebelumnya Rp 11.000 per kilogram.

(sumber:Angga inibangsaku.com)

You may also like...

0 thoughts on “Jusuf Kalla: Harga Beras Naik Bukan Karena Kurangnya Stok Beras”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<