Jokowi Harus Perhatikan Keterwakilan Daerah

joko-jk1

JAKARTA, inibangsaku.com – Presiden dan wakil presiden terpilih Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-Kalla) secara resmi telah dilantik sebagai Presiden-Wakil Presiden RI periode 2014-2019 pada Senin (20/10). Selama lima tahun kedepan Jokowi-Kalla akan memimpin bangsa Indonesia.

Menanggapi hal tersebut analis politik Indonesia Public Institute (IPI) Karyono Wibowo berharap kompisisi menteri dalam kabinet Jokowi-Kalla bukan hanya diisi oleh kalangan profesional dan partai politik, namun juga Jokowi harus perhatikan keterwakilan tokoh daerah dalam pemerintahannya.

“Kalau ada tokoh daerah yang mampu, kenapa tidak? Tentu tokoh tersebut
yang memiliki kualitas dan memenuhi syarat,” kata Karyono dalam keterangan pernya di Jakarta, Selasa (21/10).

Karyono menjelaskan bahwa figur dari daerah yang ditunjuk jadi menteri tentunya harus memiliki prestasi, integritas dan kapabilitas. Dan hal itu tidak sulit didapat, karena banyak kepala daerah yang kapabel untuk menjadi menteri dalam Kabinet Jokowi.

“Tokoh-tokoh daerah ini patut dipertimbangkan agar ada keterwakilan daerah untuk memperkuat hubungan antara pusat dengan daerah dan untuk menjalin komunikasi antar daerah”, tambah mantan aktivis GMNI tersebut menegaskan.

Lebih jauh, mantan peneliti Lingkaran Survei Indonesia (LSI) itu mengatakan, banyak persoalan daerah yang selama ini tidak mampu
dipecahkan oleh pemerintah pusat. Hal itu dikarenakan pejabat di kementerian kurang memahami persolan di daerah dan kurang memiliki keterikatan hati dengan masyarakat yang tinggal di daerah.

“Pertimbangan mengenai keterwakilan daerah dalam menyusun kabinet pemerintahan di negeri ini bukan hal baru. Hal itu sudah dilakukan sejak pemerintahan Presiden Sukarno hingga SBY. Hanya porsi menteri dan asal daerahnya saja yang berbeda. Oleh karena itu menurut saya perlu ada pemerataan dari aspek kedaerahan. Daerah yang belum pernah ada tokohnya yang jadi menteri di kabinet pemerintahan perlu dipertimbangkan” tutup Karyono. (IB/Bahaudin Marcopolo)

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Jokowi Harus Perhatikan Keterwakilan Daerah”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<