Jokowi Dikritik, Jokowi Bungkam

Jokowi_3

JAKARTA, inibangsaku.com – Setelah beberapa kali menunda pengumunan susunan kabinet, presiden RI ketujuh Joko Widodo terus dihujani berbagai kritik. Salah satunya dari peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro.

Hingga hari kelima sejak dilantik menjadi Presiden, Joko Widodo masih bungkam terkait siapa saja yang akan menjadi menteri dalam kabinet pemerintahannya. Padahal, saat kampanye ia sudah berjanji sehari setelah dilantik bakal mengumumkan kabinetnya.

“Batalnya pengumuman kabinet menandakan alotnya kesepakatan final mengenai nama-nama calon menteri setelah ada catatan-catatan yang disampaikan oleh KPK,” ujar pengamat politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro, di Jakarta, Jumat (24/10).

Menurut Siti, mengubah nama-nama calon menteri ternyata bukan perkara mudah. Sebab, hal itu harus melibatkan persetujuan pucuk pimpinan partai pendukung Jokowi-JK.

Jokowi dengan tekad mewujudkan pemerintahan yang bersih dan slogan revolusi mental berketetapan untuk tak mengangkat menteri-menteri yang terindikasi korupsi. Namun, tekadnya tersebut belum tentu diaminkan oleh kekuatan-kekuatan politik pendukung utamanya.

“Karena itu, jadwal pengumuman akhirnya molor,” kata Siti.

Idealnya, lanjut dia, kabinet kerja harus diikuti oleh action atau tindakan yang tangkas sehingga tak memberi kesempatan publik untuk bingung dan memaksa mereka berspekulasi menerka-nerka.

“Mengapa Jokowi lamban dalam mengumumkan kabinetnya/para menterinya,” tukasnya.

Sekedar kilas balik, rencana pengumunan kabinet Jokowi-Kalla yang semula dijadwalkan pada tanggal 23 Oktober 2014 lalu dibatalkan. Hingga kini belum ada kepastian kapan mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut akan mengumumkan nama-nama menteri yang akan membantunya selama lima tahun kedepan. (IB/Bahaudin Marcopolo)

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Jokowi Dikritik, Jokowi Bungkam”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<