Jokowi Berhati-hati

jokowi1

JAKARTA, inibangsaku.com – Hingga kini Joko Widodo dan Jusuf Kalla (Jokowi-Kalla) belum juga mengumumkan komposisi dan susunan kabinet.

Terkait dengan hal tersebut analis politik dari Polcomm Institute, Heri Budiyanto menjelaskan bahwa, Jokowi-Kalla amat berhati-hati dalam menyusun para menteri. Hal tersebut dibuktikan dengan tindakan Jokowi yang telah mengirimkan nama-nama calon kabinet ke badan pengawasan negara seperti Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) dan Komisi Pemberantasan Korupsi, (KPK).‬

‪”Ini bentuk kehati-hatian. Yang saya liat, nama-nama kabinet yang masuk banyak bahkan melebihi kuota kursi kabinet. Jadi biar enggak ada yang sakit hati, dua lembaga itulah yang akan menggugurkan satu persatu,” ujar Heri saat ditemui dibilangan Cikini, Selasa (21/10).

‪Lebih lanjut analis politik asal Universitas Mercu Buana menambahkan nama-nama calon menteri yang masuk di dalam kantong Jokowi diperkirakan Heri berjumlah 43 orang. Berartiada beberapa orang yang tereliminasi, pasalnya untuk kursi kementerian sendiri jumlahnya hanya 34 kursi. Lantaran enggan untuk melakukan eliminasi sendiri, maka Jokowi mempercayakan proses eliminasinya melalui KPK dan PPATK‬

‪”Cara itu ada benarnya juga, jadi harus ada catatan terhadap orang yang akan membantunya itu. Jadi jangan sampai pemerintahan Jokowi-JK akan tersandera oleh catatan kelam oleh kabinetnya,” tutup Heri. (IB/Bahaudin Marcopolo)

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Jokowi Berhati-hati”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<