Jokowi Belum Tunjuk Jaksa Agung

0014352-gedung-kejaksaan-agung-780x390

JAKARTA, inibangsaku.com – Hingga kini posisi jabatan Jaksa Agung masih kosong. Presiden Joko Widodo belum juga menunjuk siapa orang yang bakal menduduki posisi puncak di korps adyaksa tersebut.

Menanggapi hal tersebut mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Antasari Azhar menyarankan kepada presiden Joko Widodo agar mengangkat Jaksa Agung yang berasal dari kalangan internal Kejaksaan.

Mantan Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta yang kini berstatus terpidana kasus pembunuhan menambahkan, tidak mempersoalkan jika calon Jaksa Agung masih aktif di lembaga kejaksaan, atau sudah berkarier di luar.

“Yang penting dia tahu hukum, penegak hukum, sarjana hukum dan pernah ikut pendidikan Jaksa,” kata Antasari belum lama ini di Jakarta.

Antasari yang kini mendekam di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cipinang itu mengaku percaya, Jokowi mampu menunjuk seseorang yang berkompeten untuk menjadi Jaksa Agung. “Pak Jokowi tahu lah mana yang terbaik,” tandasnya.

Sebelumnya, Direktur Indonesia Public Institute (IPI) Karyono Wibowo berpendapat, harus diberikan kesempatan yang sama munculnya kandidat Jaksa Agung dari parpol. Meskipun dari berasal dari parpol, belum tentu dapat diintervensi.

“Harusnya diberikan kesempatan yang sama calon Jaksa Agung dari kalangan parpol dengan calon lainnya,” kata Karyono saat menghadiri diskusi “Menanti Jaksa Agung Pilihan” yang diadakan oleh Forum Wartawan Kejaksaan Agung (Forwaka).

Namun ia tak mau berkomentar siapa sosok Jaksa Agung yang dimaksud, hanya saja dia meminta dari nama-nama calon yang ada harus diberikan kesempatan untuk melakukan gebrakan penegakan hukum di kejaksaan.

“Jadi jangan langsung men-judge (menghakimi) orang. Semua itu tergantung dari orangnya. Kalau orangnya tegas dalam melakukan penegakan hukum, maka orang itu layak dimajukan sebagai Jaksa Agung,” demikian Karyono. (IB/Bahaudin Marcopolo)

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Jokowi Belum Tunjuk Jaksa Agung”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<