Jokowi Bakal Hadapi Interpelasi Parlemen

735600_04483301102014_jokowi

JAKARTA, inibangsaku.com – Kebijakan Presiden Joko Widodo menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) hingga kini terus menuai kontra dan penolakan banyak kalangan.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut bukan hanya menghadapi gelombang unjuk rasa dari segenap lapisan masyarakat. Penolakan juga berasal dari Parlemen atau DPR RI

“Terkait dengan kenaikan BBM tanpa alasan yang  masuk akal oleh Presiden Jokowi, dalam waktu dekat DPR akan gulirkan penggalangan tanda tangan lintas fraksi untuk  penggunaan hak interpelasi,” kata politisi Partai Golkar Bambang Soesatyo di Jakarta, Kamis (20/11).

Sekretaris Fraksi Partai Golkar di DPR R I menilai kebijakan Joko Widodo menaikkan harga BBM bersubsisi sama sekali tidak masuk akan dan sulit diterima akal sehat. Sebab, harga BBM bersubsidi dinaikan ketika harga minyak di pasar internasional turun drastis, alias lebih rendah dari asumsi Aanggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN)  tahun berjalan.

Dalam APBN-P 2014 mengasumsikan harga minyak 105 dolar AS per barel, sementara harga minyak saat ini di dibawah 80 dolar AS per barel. Artinya, Tekanan beban fiskal bagi pemerintah baru relatif belum bertambah karena turunnya harga minyak di pasar internasional.

“Kita menyesalkan Jokowi mengambil jalan pintas. Dan itu sama artinya Jokowi tidak punya itikad baik terhadap rakyat,” tegas penulis buku Presiden Dalam Pusaran Politik Sengkuni.

Politisi yang akrab disapa Bamsoet menambahkan hak interplasi adalah hak bertanya dewan dengan memanggil presiden. Presiden harus  menjelaskan dasar apa yang digunakan untuk menaikkan harga BBM.

Pertanyaan tersebut pantas dilontarkan kepada Presiden Joko Widodo sebab harga minyak dunia tengah turun. Jika penjelasan presiden dan wakil presiden atau pemerintah tidak memuaskan  maka tidak menutup kemungkinan anggota Dewan bakal menggunakan hak angket (hak menyelidiki) dan hak impeachment (menyatakan pendapat) yang berujung pada pemakzulan Presiden Joko Widodo.

“Bagaimana hitung-hitungannya?. Jangan seenaknya saja menempuh jalan pintas dengan mengalihkan beban fiskal pemerintah ke pundak rakyat,” demikian Bamsoet. (IB/Bahaudin Marcopolo)

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Jokowi Bakal Hadapi Interpelasi Parlemen”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<