Jejak Air Asia Terlacak di Bangka Belitung ?

jejak airt asia

JAKARTA, inibangsaku.com –  Pesawat AirAsia yang hilang diduga berada di antara Pulau Bangka dan Belitung. Sumber Tempodi TNI yang terlibat dalam pencarian korban mengatakan bahwa ada telepon darurat atau emergency call dari pesawat AirAsia yang hilang itu. “Sinyal positif terdeteksi, tapi lemah,” katanya kepada Tempo, Senin, 29 Desember 2014.

Sinyal itu kemungkinan berasal dari ELT atau emergency locketer transmitter yang memang berfungsi memancarkan sinyal dari posisi pesawat yang jatuh. Alat ini mampu memancarkan sinyal terus-menerus hingga baterai habis yang bisa bertahan selama 30 hari.

Namun dalam beberapa kasus kecelakaan, yang sering terjadi adalah sinyal “palsu” yang bisa berasal dari berbagai faktor. Misalnya interferensi gelombang, atau bias dari sinyal radar kapal yang melintas. Inilah yang terjadi pada pencarian pesawat Malaysian Airlines MH370 yang diperkirakan jatuh di Samudra Indonesia. Para pencari sempat terkecoh sinyal tersebut.

Selain di Bangka Belitung, pesawat P-3C Orion Australia mendeteksi “sesuatu” di perairan Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Wilayah ini menjadi lokasi operasi udara besar-besaran pencarian Air Asia.

Panglima Komando TNI AU Marsekal Dwi Putranto mengatakan pesawat Angkatan Udara Australia (RAAF) itu mencitrai obyek di berada 200 kilometer di sebelah barat daya Pangkalan Bun atau 700 sekitar 1.400 dari lokasi terakhir AirAsia itu sebelum hilang dari pantauan radar.

 

Pesawat AirAsia dengan nomor penerbangan QZ8501 hilang dari pantauan radar otoritas penerbangan Indonesia, Ahad pagi, 28 Desember 2014. Pesawat jurusan Surabaya-Singapura berpenumpang 155 orang dan 7 awak ini, terakhir kali terekam berada di atas perairan Belitung pada pukul 06.16.

(sumber:tempo)

You may also like...

0 thoughts on “Jejak Air Asia Terlacak di Bangka Belitung ?”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<