Jalur Pendakian Semeru Ditutup Hingga Pendaki Yang Tersesat Ditemukan

20120826pendaki_gunung

Inibangsaku.com – Daniel Saroha (31), pendaki asal Kampung Bojong Jengkol RT 002 RW 010 Desa Cileubut Barat, Bogor tersesat saat nekat mendaki ke puncak Semeru. Hingga kini Daniel belum ditemukan. Untuk memaksimalkan pencarian, jalur pendakian Semeru di perbatasan Kabupaten Lumajang- Malang, Jawa Timur ditutup.

“Mulai hari ini, jalur pendakian Semeru ditutup total untuk umum hingga pendaki yang hilang ditemukan,” kata Kepala Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Ayu Dewi Utari, Kamis (13/8). Demikian tulis Antara.

Daniel dilaporkan hilang dan tersesat pada Selasa (11/8) sore, usai mendaki ke puncak gunung tertinggi di Pulau Jawa itu.

“Hari ini dilakukan kegiatan ‘Open SAR (search and rescue)’ atau pencarian terbuka terhadap korban Daniel Saroha, dan jalur pendakian Semeru ditutup hingga tim SAR menemukan survivor itu,” tuturnya.

Sesuai dengan prosedur tetap, jalur pendakian Gunung Semeru harus steril dari pendaki dan seluruh pendaki yang sudah ada di jalur pendakian harus turun.

“TNBTS tidak akan menerbitkan izin untuk pendakian hari ini dan seterusnya hingga ditemukan korban. Sedangkan pendaki yang masih berada di jalur pendakian diminta untuk turun ke Pos Ranu Pane,” paparnya.

Penutupan jalur pendakian gunung yang memiliki ketinggian 3.676 mdpl itu bertujuan untuk memudahkan tim SAR melakukan pencarian terhadap survivor (Daniel), sehingga mereka bisa fokus melakukan penyisiran di sepanjang jalur pendakian Semeru.

“Mudah-mudahan pendaki asal Bogor tersebut ditemukan dalam kondisi selamat,” ujarnya.

(sumber:merdeka)

You may also like...

0 thoughts on “Jalur Pendakian Semeru Ditutup Hingga Pendaki Yang Tersesat Ditemukan”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<