Jaksa Agung Harus Dari Eksternal

Kejagung_1

JAKARTA, inibangsaku.com – Meski sudah dilantik sebagai Presiden Republik Indonesia Ketujuh Presiden Joko Widodo hingga kini tak kunjung juga mengumumkan para menteri dan pejabat setingkat menteri yang akan membantunya selama lima tahun mendatang.

Hingga kini perdebatan calon Jaksa pengganti Basrief Arief dari kalangan internal dan eksternal kejaksaan masih jadi perdebatan.  Meskipun keduanya tidak dilarang oleh undang-undang, namun penunjukan Jaksa Agung sepenuhnya menjadi hak prerogatir Presiden Jokowi.

Pakar Komunikasi Politik Universitas Pelita Harapan (UPH) Emrus Sihombing mengatakan, di antara dua pilihan itu semua kembali lagi kepada Jokowi. Namun jika pemerintah mendatang mau membersihkan Kejaksaan Agung, Presiden harus menunjuk orang luar.

“Semuanya tergantung Jokowi. Kalau ingin membersihkan institusi Kejaksaan Agung, ya harus orang luar,” kata Emrus dalam diskusi publik di Jakarta, Jumat (24/10).

Menurutnya, sesuai dengan janji kampanye Jolowi-JK yang ingin membentuk pemerintahan sehat, dan bebas dari korupsi, maka memilih kandidat dari eksternal kejaksaan sebuah keniscayaan.

“Orang luar (eksternal) akan bisa membersihkan internal kejaksaan karena tak memiliki kepentingan apapun di dalam,” ujarnya.

Dia mencontohkan Jaksa Agung yang “sudah selesai dengan dirinya” adalah Baharudin Lopa, Jaksa Agung periode Juni hingga Juli 2001.

Munculnya kekhawatiran terjadinya resitensi dari dalam jika calon itu berasal dari eksternal, justru Emrus mengatakan kelompok yang mencoba menganggu itu harus dibersihkan. “Akan lebih mudah bagi orang eksternal itu membesihkan kelompok ini. Karena dia tak memiliki kepentingan apapun,” tandasnya.

Beberapa nama muncul sebagai kandidat Jaksa Agung pengganti Basrief Arief, baik dari internal maupun eksternal. Dari internal nama Widyo Pramono santer didengungkan naik pangkat dari Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus, sedangkan dari eksternal nama M. Yusuf, Kepala PPATK, dan Abraham Samad, pimpinan KPK, muncul ke permukaan. (IB/Bahaudin Marcopolo)

sumber foto : Istimewa

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Jaksa Agung Harus Dari Eksternal”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<