Jaga Natal dan Tahun Baru Damai, Ridwan Kamil Berdayakan LSM dan Ormas

kamil2

JAKARTA, inibangsaku.com – Wali Kota Bandung Ridwan Kamil meresmikan terbentuknya Komunitas Forum Jaga Lembur (Kampung Halaman), Rabu (24/12/2014). Forum tersebut merupakan gabungan dari sejumlah ormas dan LSM yang ada di Kota Bandung. Mereka akan diterjunkan untuk menjaga keamanan di Kota Bandung pada saat Natal dan Tahun Baru.

Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, menjelaskan, dibentuknya forum tersebut adalah untuk menunjukkan kekompakan ormas dan LSM di Kota Bandung. Forum tersebut diharapkan juga bisa menghapus citra anarkistis dan brutal yang kerap ditunjukkan LSM dan ormas.

“Di-launching tanggal 24 Desember 2014 karena kita ingin tunjukkan suasana kondusif selama Natal dan Tahun Baru bahwa Bandung damai selalu. Masyarakat ikut menjaga, tidak hanya aparat,” kata Emil seusai apel siaga Jaga Lembur Bela Bandung 2014, Rabu pagi.

Menurut Emil, dibentuknya forum ini bukan berarti pihaknya tidak percaya kepada aparat keamanan dalam menjaga suasana kondusif. Menurut dia, gerakan ini justru membantu meringankan kerja aparat keamanan, baik polisi maupun TNI.

“Tugas konkretnya itu preventif. Kalau ada gejala-gejala di masyarakat, langsung koordinasi dengan Brigadir RW. Di level tingkat kota bisa langsung ke saya, jadi bisa mengorganisasikan keputusan secepatnya,” ucap dia.

Nantinya, lanjut Emil, komunitas ini tidak akan berkegiatan secara terpusat. Mereka akan menjaga di tiap kecamatan. “Membangun bela negara tidak bisa hanya mengandalkan aparat, justru di Bandung ingin dibuktikan bahwa ormas-ormasnya kompak,” ucapnya.

(sumber:kompas)

You may also like...

0 thoughts on “Jaga Natal dan Tahun Baru Damai, Ridwan Kamil Berdayakan LSM dan Ormas”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<