IPW Harap Kasus KBS Cepat Selesai

kbs1

JAKARTA, inibangsaku.com – Indonesia Police Watch (IPW) berharap Mabes Polri dan Polda Jatim tidak melakukan intervensi kepada Polres Surabaya. Polres itumengusut kerugian negara sebesar Rp 840 miliar dalam kasus pertukaran satwa langka di Kebun Binatang Surabaya (KBS). Presidium IPW Neta S Pane mendesak Polres Kota Surabaya untuk bekerja cepat melimpahkankasus ini ke kejaksaan.

“Selama ini proses penanganan kasus KBS cenderung berputar-putar dan jalan di tempat. Padahal negara dan masyarakat Surabaya sangat dirugikan oleh ulah para mafia satwa langkah yang menjarah isi KBS,” kata Neta di Jakarta, Jumat (31/10).

Sedikitnya ada 8 orang yang patut jadi tersangka dalam kasus KBS, yang harus dikenakan pasal penggelapan aset negara. Satwa langka adalah aset negara yang dilindungi. Pertukaran satwa langka dari kebun binatang tidak bisa dilakukan sesukanya oleh pribadi-pribadi. Apalagi pihak yang melakukan pertukaran itu hanyalah pengelola sementara KBS yang saat itu sedang dilanda konflik manajemen.

Pemindahan satwa langka, terutama untuk satwa Appendix I harus ada ijin presiden. Pemindahaan satwa langka dari KBS dilakukan dari 23 April hingga 4 Mei 2013. Jumlahnya mencapai 420 satwa. Dalam surat tgl 24 April 2014.

“Untuk itu Mabes Polri dan Polda Jatim harus mendorong Polrestabes Surabaya mengusut aliran dana dari aksi jual beli satwa langka di KBS.

Kemudian menyita dana hasil jual beli satwa tsb. Selain itu Polri harus segera menyita semua satwa langka KBS yg diperjualbelikan dan mengembalikannya ke KBS,” demikian Neta. (IB/Bahaudin Marcopolo)

Tags

You may also like...

0 thoughts on “IPW Harap Kasus KBS Cepat Selesai”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<