Ini Tanggapan Didik Terkait Pidato Pembukaan KAA Jokowi

didik-rachbibi

Jakarta, Inibangsaku.com – Pidato Presiden Joko Widodo pada pembukaan Konferensi Asia Afrika, Rabu (22/4/2015), menegaskan minimnya peranan badan ekonomi dunia, yaitu Bank Dunia, Dana Moneter Internasional (IMF), dan Bank Pembangunan Asia (ADB). Tiga badan ekonomi tersebut dianggap tak memberikan solusi dalam menyelesaikan masalah ekonomi negara-negara yang tertinggal di Asia dan Afrika.

Pidato tersebut pun diharapkan tak sekedar menjadi sekedar wacana. Presiden, melalui Konferensi Asia Afrika (KAA), ditunggu untuk melakukan upaya nyata suatu badan baru yang benar-benar berfungsi bagi perbaikan kesejahteraan masyarakat di Asia dan Afrika.

“Pidato tersebut bagus, retorikanya. Nah, sekarang alternatifnya apa untuk melakukan support pembangunan, di negara-negara Afrika terutama? Kan tidak ada. Makanya peran badan baru di luar Bank Dunia itu perlu,” ujar pengamat ekonomi Didik J Rachbini  Jakarta, Kamis (23/4/2015).

Didik menjelaskan, badan keuangan, terutama Bank Dunia, memiliki kontribusi yang berbeda-beda bagi negara-negara di Asia dan Afrika. Bagi negara-negara yang maju dan berkembang pesat, peran Bank Dunia tak lagi besar. Bahkan, dia menyebut Bank Dunia saat ini layaknya anak kecil jika dibandingkan Jepang, Tiongkok, India, bahkan Indonesia.

Namun di sisi lain, beberapa negara Asia dan Afrika yang tertinggal masih sangat tergantung dengan Bank Dunia. Oleh karena itu, apabila badan keuangan tersebut dinilai tak mampu menyelesaikan masalah ekonomi di negara Asia-Afrika, maka badan keuangan alternatif harus dibentuk.

“Pidato itu dipuji, ya saya setuju. Secara politik, bagus estetikanya. Akan tetapi kan kalau mau realistis dalam ekonomi, ya upaya membikin alternatif itu harus direalisasikan,” kata dia.

Saat ini, negara-negara Asia dan Afrika belum sepenuhnya lepas dari kemiskinan. Bahkan, kelaparan masih kerap terjadi di negara-negara di kedua benua tersebut. Di sisi lain, ketimpangan ekonomi sosial pun kian menjadi-jadi, menunjukkan bukti bahwa belum semua lapisan masyarakat Asia-Afrika merasakan pembangunan.

(sumber:Angga inibangsaku.com)

You may also like...

0 thoughts on “Ini Tanggapan Didik Terkait Pidato Pembukaan KAA Jokowi”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<