Indonesia Akan Memproduksi Massal Jet Tempur Pada 2020

jettempur

Jakarta, Inibangsaku.com – Indonesia dan korea selatan sedang mengembangkan proyek Jet tempur . Proyek tersebut dinamakan Korea Fighter Experiment/Indonesia Fighter Experiment (KFX/IFX).

Untuk mengembangkan dan memproduksi pesawat tempur generasi 4 dan 5 ini diperlukan waktu minimal 8 tahun. Program KFX/IFX disebut bisa menyaingi F16, untuk pengembangannya sampai dengan meja produksi akan memakan waktu 8 tahun atau bisa diproduksi maissal sesuai rencana pada tahun 2022.

Pesawat tempur IFX versi Indonesia akan dikembangkan dan diproduksi oleh fasilitas PTDI di Bandung Jawa Barat. Pada tahun ini akan memasuki fase engineering and manufacturing development (EMD). Fase ini mulur 1 tahun dari jadwal.

Sebelum memasuki fase EMD, Insinyur Indonesia akan mempelajari dan mempersiapkan teknologi dan sumber daya manusia pesawat tempur.

Budi menerangkan, teknologi pesawat KFX/IFX akan mengadopsi pesawat generasi 4, 5 atau lebih unggul dari pesawat F16. Hanya saja biaya pengembangannya akan dibuat lebih murah.

“Jadi pingin cari pesawat yang lebih canggih daripada F16, tapi target kita jauh lebih murah daripada F16. Kira-kira seperti itu,” sebut Direktur Utama PT.Dirgantara Indonesia Budi Santoso.

Purwarupa IFX/KFX bisa mengangkasa mulai tahun 2020. Selanjutnya 2 tahun kemudian baru memasuki fase produksi massal. Indonesia bisa saja melakukan pengembangan lanjutan karena pesawat harus disesuaikan dengan kondisi geografis dan ancaman terhadap Indonesia.

“Semua alutsista harus disesuaikan dengan kondisi Negara sendiri, apakah musuhnya geografis atau kondisi lawannya. Apa yang terjadi di korea jauh berbeda dengan di Indonesia. Dia satu kontingen sedangkan Negara kita dikelilingi lautan,” pungkasnya.

(sumber:Angga inibangsaku.com)

 

You may also like...

0 thoughts on “Indonesia Akan Memproduksi Massal Jet Tempur Pada 2020”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<