Hak interpelasi ini janganlah dianggap terlalu berlebihan

sidang-dpr1

JAKARTA, inibangsaku.com – Menurut Misbakhun, hak interpelasi ini janganlah dianggap terlalu berlebihan. Karena timbulnya hak interpelasi dikarenakan ada persoalan yang harus dijawab oleh pemerintah atas naiknya harga BBM tanpa mendapat persetujuan dari DPR RI. Apalagi rencana pemerintah akan mengalihkan subsidi BBM itu ke tempat lain, yakni, pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan rakyat.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Ketua Fraksi Partai NasDem, Johnny Gerar Plate mengatakan, dengan keluarnya Hak Interpelasi dapat menjalar ke mana-mana, sehingga hak tersebut jangan dianggap biasa-biasa saja. Sedangkan, jika DPR ingin bertanya pada pemerintah, hendaknya pakai istilah yang lain saja yaitu, hak bertanya pada pemerintah. Untuk itu, maka fraksi Partai NasDem menyatakan, bahwa program pemerintah dengan menaikan harga BBM sudah tepat, walau terlalu cepat.

Selain itu, kata Johnny, dengan naiknya harga BBM membuat harga-harga melambung tinggi yang membuat asumsi pasar agak berubah, namun tidak bisa disamakan dengan asumsi politik.

“Kalau di nilai dengan asumsi pasar memang agak berbeda. Tapi jika dinilai dengan asumsi politik, tidaklah benar,” ujarnya.

Sebaliknya, pengamat Hukum Tata Negara, Refly Harun mengatakan, mengapa harus ada hak interpelasi, kalau tujuan DPR hanya bertanya pada pemerintah yang dinilai belum bekerja tapi sudah menaikan harga BBM. Sementara kalau DPR mau bertanya pada pemerintah, cukup hanya memakai hak bertanya, karena yang berhak menjawab atas pertanyaan itu, adalah presiden.

Selain itu, lanjut Refly Harun, kalau kita nilai dari sisi politik dengan keluarnya hak interpelasi, maka akan muncul bintang-bintang baru di Senayan yang sudah pernah dilakukan era Presiden Megawati Soekarnoputri dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Jadi jika hanya ingin meminta penjelasan pemerintah, gunakan saja hak bertanya.

“Kalu sebenarnya hanya minta penjelasan dari pemerintah, ya gunakan saja hak bertanya, jangan memakai hak interpelasi, karena pengertiannya akan luas sekali,” katanya.

(sumber : poskota)

You may also like...

0 thoughts on “Hak interpelasi ini janganlah dianggap terlalu berlebihan”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<