GOHU IKAN DARI TERNATE MALUKU UTARA

ib

IniBangsaku – Salah satu hidangan tersohor dari tanah Ternate adalah “gohu ikan”, yakni sajian ikan tuna mentah dengan kucuran saus yang khas. Penyebutan makanan ini harus lengkap, sebab jika hanya disebut “gohu”, artinya adalah rujak asinan pepaya muda yang juga sama terkenalnya di Ternate. Karena kemiripannya dengan panganan khas Jepang, sashimi, tak jarang orang menyebutnya sebagai sashimi Ternate.

Gohu ikan Ternate berbahan dasar ikan tuna (yellowfin tuna/thunnus albacares), sementara  bila sedang tidak musim tuna, ikan cakalang (skipjack) menjadi pilihan lain. Cara penyajiannya, daging tuna segar (baca: mentah) dipotong kecil-kecil, dicuci, kemudian dilumuri dengan garam dan perasan lemon cui (semacam jeruk nipis yang harum dan dalamnya berwarna kuning-jingga), kemudian dicampur dengan rajangan kasar daun balakama (kemangi).

Bawang merah dan cabe rawit (disebut rica gufu di Ternate) dirajang kasar, lalu ditumis dengan sedikit minyak kelapa. Minyak kelapa panas dengan bawang merah dan cabe rawit ini kemudian dituangkan ke potongan ikan tuna mentah, diikuti dengan taburan kacang tanah goreng yang ditumbuk kasar.

Sajian ini terkenal di Hawaii dengan nama “onopoke”.Sementara di Filipina Selatan, sajian serupa gohu populer ini disebut “kinilauw”. Kinilauw hanya memakai tuna yang dipotong kubus, dilumuri dengan garam, dicampur dengan rajangan kasar bawang merah dan tomat, lalu dikucuri perasan jeruk nipis.Selain di Jepang, sajian ikan segar serupa ini ternyata juga dapat dijumpai di sejumah negara lain, seperti Hawaii, Amerika Serikat dan Filipina bagian Selatan. Di Hawaii, sajian mirip gohu ikan Ternate disajikan tanpa cabe rawit maupun kacang goreng. Sementara daun kemanginya diganti dengan “wakame” alias rumput laut. Di Ternate, gohu ikan biasa dimakan sebagai lauk pendamping nasi atau bubur sagu. ( Ary )

sumber : wacananusantara.org/winarno,bondan

Tags

You may also like...

0 thoughts on “GOHU IKAN DARI TERNATE MALUKU UTARA”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<