GANGAN SUP IKAN DARI TANAH BELITUNG

ib

IniBangsaku – Selain keindahan alam, tanah Belitung dan suku Melayu Belitung juga memiliki kekayaan dalam khasanah kulinernya. Salah satunya adalah “gangan”. Gangan merupakan sup ikan berkuah kuning dengan rasa asam-gurih yang begitu populer di kalangan masyarakat Belitung. Seiring dengan ramainya pariwisata Belitung, gangan juga semakin dikenal oleh orang luar Belitung dan semakin banyak orang yang penasaran untuk mencobanya.

Untuk memasak gangan, tidak ada kriteria ikan tertentu yang dikhususkan. Masyarakat Belitung umumnya memilih ikan sebagai bahan gangan sesuai selera masing-masing. Begitupun bagi wisatawan. Bagi mereka yang tidak suka “amis” bisa memesan “gangan kepala ikan keratap”. Ikan ini memang terbilang yang paling mahal dibanding ikan lainnya. Karena rasanya yang lezat dan cocok bagi mereka yang tidak menyukai bau amis, maka sepadan-lah dengan harga yang ditawarkan. Jika ingin yang sedikit lebih murah, bisa mencoba “gangan ikan kerisi” (ikan terisi). Bagi jenis ikan tertentu, campuran nanas muda memberi sensasi kesegaran yang memanjakan lidah.

Bagi Anda yang hendak memasak gangan, memilih cabe rawit asli Belitung adalah pilihan tepat. Karena aromanya sangat kuat dan segar. Terutama cabe rawit merah (bukan hijau). Jika ikan yang akan dimasak tergolong ikan berbau amis–biasanya ikan-ikan yang hidup di terumbu karang–maka gunakanlah cabe lebih banyak, karena semakin pedas gangan, semakin hilang rasa amisnya. ( Ary )

sumber : wacananusantara.org

Tags

You may also like...

0 thoughts on “GANGAN SUP IKAN DARI TANAH BELITUNG”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<