Empal Gentong, Sajian Khas Cirebon

Foto: opensnap
Foto: opensnap

Makanan khas Cirebon ini sungguh menggoyang lidah dan tidak afdol bila menyambangi Cirebon tanpa menikmati sajian lezat ini. Beberapa rekomendasi empal gentong seputaran Cirebon, seperti di daerah Desa Betembat, Jl. Slamet Riyadi, jalan Cirebon-Jateng, Pujagalana dan Stasiun Kereta Cirebon. Kekhasan empal gentong di Cirebon tak tertandingi dengan empal gentong yang ada di tempat-tempat lainnya.

Empal gentong sebenarnya hampir memiliki kesamaan dengan gule. Isi empal gentong terdiri dari babat, usus dan daging sapi. Kekhasannya adalah makanan ini dimasak dalam gentong atau kuali tanah lihat. Semakin lama pengunaan gentong untuk memasak empal, maka semakin dahsyat rasa yang terasa di lidah. Ini karena bumbu-bumbu yang ada terserap dalam pori-pori gentong itu.

Memasak empal masih dalam proses tradisional yakni dengan menggunakan kayu bakar. Kayu yang digunakan bukan kayu sembarangan, biasanya menggunakan kayu pohon asem. Dengan demikian melahirkan cita rasa yang sangat khas. Ang tak boleh dilupakan adalah daun kucai yang dihadirkan bukan sekedar sebagai penghias, melainkan sebagai bahan penetralisir lemak.

Selain daun kucai yang tak boleh dilupakan adalah cabai kering yang sudah ditumbuk. Cabai kering ini memberikan sensasi pedas yang menambah selera makan. Biasanya empat gentong disajikan dengan nasi atau lontong sesuai dengan selera pelahapnya. Untuk menambah kelezatannya jangan lupa untuk memakannya dengan kerupuk rambak atau kerupuk kulit.

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Empal Gentong, Sajian Khas Cirebon”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<