Ekor AirAsia Ditemukan, Ada 4 Puing Tambahan

evakuasi

JAKARTA, inibangsaku.com – Tim penyelam TNI AL dan Geo Surveyor menemukan ekor pesawat AirAsia QZ8501 pada Rabu, 7 Januari 2014 pukul 10.35 di sekitar Laut Karimata. Menurut Ketua Tim Surveyor, Muhammad Aga Ridha Aldilla, ada empat obyek lain yang tersebar tak jauh dari lokasi ekor. “Diduga kuat itu bagian dari puing pesawat lainnya,” kata Aga, Rabu, 7 Januari 2014.

Aga mengungkapkan terdapat satu obyek lain yang berukuran 10 meter. Sedangkan tiga lainnya berukuran di bawah 10 meter. Saat ini lokasi berada di koordinat 3 derajat 38′ 39″ Lintang Selatan dan 109 derajat 43′ 45″ Bujur Timur. Lokasi berjarak sekitar 127 kilometer dari Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, dan 188 kilometer dari Pulau Belitung.

Obyek ditemukan dengan teknologi pemindaian dasar laut berupa side scan sonar dan multibeam echo sounder. Untuk memverifikasi, tim surveyor menggunakan perekam remotely operated vehicle dan penanda dasar laut atau beacon. Keempat obyek tambahan ini bakal diperiksa oleh penyelam TNI AL.

Saat ini, penyelam masih berfokus pada pemeriksaan lanjutan ekor pesawat. “Kami menunggu arahan Basarnas,” ungkap Koordinator Penyelaman, Mayor Profs Dhegraft. Sebelumnya, kapal tiga kali berpindah lokasi untuk menemukan obyek yang sebelumnya hanya dikenali berbentuk kubus itu.

Pencarian sudah dilakukan di lokasi prioritas di sekitar sektor V dan perbatasan sektor IV dan V sejak Jumat, 2 Januari 2015 Namun, dalam pencarian tersebut, puing pesawat tidak ditemukan. Pencarian di sektor V dimulai pada Sabtu, 3 Januari, perbatasan sektor IV, dan V pada Ahad, 4 Januari, dan sektor IV pada 6 Januari 2015.

(sumber:tempo)

You may also like...

0 thoughts on “Ekor AirAsia Ditemukan, Ada 4 Puing Tambahan”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<