DPR disarankan Gunakan Hak Interpelasi

sidang-dpr1

JAKARTA, inibangsaku.com – Pemikir politik dan hukum tata negara Sinergi Masyarakat untuk Demokrasi Indonesia (Sigma) Said Salahuddin mendesak Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) untuk segera merespon meluasnya penolakan rakyat atas naiknya harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

“Secara konstitusional, respons DPR itu bisa ditunjukan dengan cara mengajukan pertanyaan atau meminta keterangan kepada Pemerintah tentang alasan dari kebijakan penaikan harga BBM itu. Dalam hal ini DPR perlu menggunakan Hak Interpelasi,” kata Said dalam keterangan persnya di Jakarta, Selasa (18/11).

Lebih lanjut penggiat demokrasi yang tergabung dalam Forum Pasca Sarjana Hukum Tata Negera Universitas Indonesia (Forpas HTN UI) menambahkan, jika DPR tidak menggunakan hak interpelasi maka sangat keterlaluan.Sebab hak Interpelasi cukup diusulkan oleh minimal 25 orang anggota DPR dari minimal 2 fraksi.

“Masa tidak ada 25 orang dari 560 anggota DPR yang peka dan punya kepedulian terhadap aspirasi rakyat luas yang menolak kenaikan harga BBM itu? Yang benar aja dong,” tanya Said dengan nada heran.

Mantan aktivis pergerakan 98 tersebut mendorong agar usul Hak Interpelasi itu harus segera dimajukan kepada Pimpinan DPR oleh para pengusulnya agar dapat sesegera mungkin dibahas dalam Paripurna DPR.

Hak Interpelasi ini penting digulirkan untuk mengingatkan sekaligus menyadarkan Presiden bahwa dalam menjalankan kekuasaannya, ia tidak bisa sewenang-wenang karena segala kebijakannya yang berdampak luas terhadap masyarakat dapat dikontrol oleh DPR.

“Kalau Presiden atau bawahannya tidak mau hadir untuk memberikan penjelasan atau keterangan yang diberikan oleh Pemerintah terkait Hak Interpelasi DPR itu dianggap tidak memadai, maka sebaiknya DPR langsung saja menggunakan hak konstitusionalnya yang lain, yaitu Hak Mengajukan Pendapat (HMP), tanpa harus diawali oleh penggunaan Hak Angket,” demikian Said. (IB/Bahaudin Marcopolo)

Tags

You may also like...

0 thoughts on “DPR disarankan Gunakan Hak Interpelasi”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<