Dodol Garut; Legitnya Tak Terlupakan

Foto: resepcaramasak
Foto: resepcaramasak

Semua setuju bila mendengar kata dodol yang terbayang adalah dodol khas buatan Garut. Dodol memang ada dimana-mana di Indonesia. Namun dodol Garut memiliki kekhasannya sendiri, selain memiliki cita rasa yang khas, juga rasa legitnya tak bisa hilang dari ingatan. Konon dodol ini menjadi komoditi dari Garut sejak tahun 1962 dari seorang ibu bernama Karsinah.

Yang paling terkenal dan menjadi ikon kota Garut adalah dodol Picnic yang tak hanya ada di Garut, melainkan merambah ke berbagai kota di Indonesia. Dodol Garut hadir dalam berbagai varian, seperti dodol wijen, dodol kacang, aneka dodol buah (nanas, nangka, tomat, durian) dan yang pertama di dunia adalah chocodot, cokelat isi dodol.

Karena demikian populernya, dodol kemudian menjadi salah satu penunjang ekonomi masyarakat. Banyak industri rumahan yang membuat dodol. Kergaman ini kemudian melahirkan banyak varian dodol yang menjadi buruan pelancong ke Garut. Kemasannya pun demikian menariknya dan berwarna-warni. Harga yang ditawarkan pun bervariatif sesuai dengan kualitas pembuatannya. Garut menghasilkan lebih dari 4 ribu ton dodol per tahun.

 

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Dodol Garut; Legitnya Tak Terlupakan”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<