DNS Nasional Perlu Diuji Kelayakannya

dns

Jakarta, inibangsaku.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) saat ini tengah menguji aturan ‘DNS Nasional’ sebagai bentuk peningkatan keamanan internet Indonesia dan menangkal serbuan konten negatif. Direktur Eksekutif ICT Watch, Donny B.U menganggap DNS nasional tersebut mampu diaplikasikan dengan beberapa catatan.

Menurut Donny, teknologi DNS, khususnya dengan topologi anycast yang terdistribusi atau tidak tersentralisasi sejatinya memang tepat difungsikan untuk meningkatkan ketahanan internet Indonesia agar lebih cepat, aman dan stabil. Selain itu teknologi tersebut di beberapa negara digunakan untuk melakukan penyensoran informasi.

“Saya cuma bilang DNS itu bisa untuk tujuan ketahanan internet satu negara, tapi DNS juga bisa digunakan oleh negara yang represif, kayak China kayak Korea Selatan menggunakan DNS untuk melakukan pemblokiran,” terang Donny .

Ia juga meyakini kalau pemerintah Indonesia dalam hal ini Kominfo tidak akan melakukan pemblokiran secara represif dengan DNS Nasional.

“Kita berpikir positif bahwa pemerintahan yang sekarang dengan didukung dan dikawal oleh bisnis, civil society, akademisi, ini bareng-bareng kita menuju ke internet yang lebih baik, kita tidak takut ada niatan dari pemerintah untuk melakukan pemblokiran dengan DNS,” imbuhnya.

Pemerintahpun diharapkan harus transparan dan akuntabel dalam menjelaskan maksud dan tujuan DNS Nasional pada masyarakat. “Jadi yang perlu dijawab, kan masyarakat bertanya-tanya DNS nasional topologinya akan seperti apa, jadi pengelola DNS nasional perlu transparan dan akuntabel,”lanjutnya.

Donny mengharapkan agar pihak yang berkepentingan memberikan sumbang saran pada pemerintah soal penerapan DNS Nasional tersebut. Pasalnya pemerintah sudah meminta uji publik.

“Multistakeholder jangan hanya ngedumel doang, ICT Watch dengan kemampuan dan pengetahuan yang terbatas pun menyusun tanggapan dan masukan soal hal ini,” pungkasnya.

(sumber:Angga inibangsaku.com)

You may also like...

0 thoughts on “DNS Nasional Perlu Diuji Kelayakannya”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<