Diminta Siapkan Busana Tentara Sunda, Ridwan Kamil Bingung

ridwan kamil

Bandung, Inibangsaku.com – Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Herlan J.S sempat bingung saat diminta menyiapkan tentara adat untuk menyambut kepala negara peserta KAA. Pasalnya, Kota Bandung tak memiliki pakaian adat sunda layaknya Yogyakarta dan Solo.

“Jadi kami desain sendiri pakaiannya. Desainnya hampir mirip dengan tentara Inggris,” ujar Herlan, Jalan Wastukencana, Bandung.

Hanya saja tentara milik Bandung menggunakan pakaian biru. Warna ini dipilih sesuai dengan warna kesebelasan klub kebangaan kota tersebut, Persib Bandung. Tak hanya itu, para tentara adat pun akan menggunakan selendang yang bertuliskan kalimat Sunda. Kalimat itu ditulis dengan aksara Sunda kuno.

Sebelumnya pun Wali Kota Bandung Ridwan Kamil diminta Presiden Joko Widodo untuk mempersiapkan tentara adat untuk menyambut kepala negara dalam Konferensi Asia Afrika ke-60 di Bandung.

“Menerima usulan itu saya bingung. Tapi saya terima usulannya,” ujar Ridwan, Bandung, Rabu dinihari, 8 April 2015.

Sesampainya di Bandung, Emil langsung mendesain kostum tersebut bersama Dinas Pariwisata Kota Bandung. Ridwan sempat kesulitan lantaran budaya Sunda tidak pernah mengenal pakaian adat untuk tentara.

KAA akan diselenggarakan pada 24 April 2015. Saat tiba di Bandung pagi hari, para kepala negara akan mengunjungi sejumlah lokasi sejarah KAA, seperti Hotel Savoy Homann dan Gedung Merdeka. Sebagai penutup, kepala negara muslim akan salat Jumat di Masjid Agung, dan makan siang di rumah dinas Gubernur Jawa Barat, Ahmad heryawan.

(sumber:Angga inibangsaku.com)

You may also like...

0 thoughts on “Diminta Siapkan Busana Tentara Sunda, Ridwan Kamil Bingung”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<