Di Papua Satu Zak Semen Rp 4 Juta

semen1

JAKARTA, inibangsaku.com – Mantan anggota DPD RI asal Sulawesi Tenggara Laode Ida mengatakan harga satu sak semen di pedalaman Provinsi Papua saat ini mencapai Rp 4 juta sedangkan dikawasan perkotaan harganya mencapai Rp 2juta.

“Oleh karena itu sudah saatnya pemerintah melakukan kebijakan harga khusus untuk Papua, berupa subsidi harga yang harus dijamin oleh pemerintah,” kata Laode dalam keterangan persnya di Jakarta, Senin (17/11).

Mantan senator tersebut menabahkan barangkali, konsep tol laut yang wujudnya akan menipiskan perbedaan harga barang antara sumber bahan baku di Pulau Jawa dan Papua sudah harus diberlakukan.

Kondisi harga seperti itu tentu akan jadi bebas tersendiri dari APBN dan APBD di satu pihak, dan akan sangat menyulitkan untuk melakukan percepatan pembangunan di wilayah paling timur Indonesia itu.

Apalagi kalau nanti harga BBM sudah naik, niscaya daerah-daerah lain akan kian jauh dari sumber bahan baku dan pembangunan infrastruktur sulit mengejar ketertinggalan dari wilayah barat Indonesia.

“Negara ini pada akhirnya akan tetap mempertontonan kesenjangan antara daerah di wilayah barat dengan wilayah timur Indonesia, yang bukan mustahil pada suatu saat akan jadi bagian dari sumber kekecewaan warga bangsa dari daerah-daerah yang tertinggal itu,” tambah Laode menegaskan.

Padahal di balik ketertinggalan itu sebenarnya memiliki potensi sumber daya alam yang cukup menjanjikan untuk masa depan Indonesia.

“Karena itu pemerintah harus mencari alternatif pola dan strategi pembangunan di Papua dan daerah terpencil lainnya dengan tak semata-mata menerapkan paradigma modernisasi. Ini artinya pembangunan berwatak lokalistik perlu direnungkan,” demikian Laode. (IB/Bahaudin Marcopolo)

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Di Papua Satu Zak Semen Rp 4 Juta”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<