Danau Gunung Tujuh, Pesona Tak Terbantah

Foto: tripadvisor
Foto: tripadvisor

Danau Gunung Tujuh dikelilingi oleh pesona dari tujuh gunung yang memiliki ketingian di atas 2 ribu meter dari permukaan laut, yakni gunung Lumut, Gylu Tebo, Hulu Sangir, Madura Besi, Selasih, Jar Panggang dan Tujuh. Sedangkan di kejauhan terdapat Gunung Kerinci yang masih aktif. Pesona alam yang berada di propinsi Jambi ini memiliki juga hewan-hewan yang mempesona, seperti berbagai jenis burung dan tentunya hewan yang dilindungi harimau Sumatera. Danaunya Gunung Tujuh memiliki luas sekitar 19 kilometer persegi.

Danau Gunung Tujuh berada di ketinggian 1950 meter dari permukaan laut yang masuk dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Danau Gunung Tujuh menjadi danau yang letaknya tertinggi di wilayah Asia Tenggara. Untuk memasuki Danau Gunung Tujuh seseorang dapat melangkah melalui pos TNKS di desa Pelompek. Desa ini berada di ketinggian 1600 meter dan memiliki hawa sangat dingin, ditambah dengan angin yang berhembus kencang, membuat udara semakin dingin. Di desa itu juga terdapat homestay yang dipergunakan sebagai tempat istirahat dan singgah.

Untuk mencapai danau itu dibutuhkan waktu 2 – 3 jam dari pos terakhir. Ada dua jalur yang dapat ditempuh, pertama jarak tempuh yang terjauh namun dengan jalur yang lebih ramah. Sedangkan yang kedua membutuhkan ekstra tenaga karena jalurnya yang mendaki, bahkan di berapa tempat mencapai kemiringan 60 derajat. Kedua jalur ini akan mencapai titik yang sama di ujung Danau Gunung Tujuh. Di dekat danau ini terdapat pula Air Terjun Gunung Tujuh yang mengalir dari mata air di Gunung Tujuh. Air terjun ini memiliki tinggi sekitar 10 meter yang memuntahkan air dingin, sedingin es.

Kondisi di Danau Gunung Tujuh sangat dijaga oleh para petugas TNKS. Jadi hingga saat ini danaunya masih sangat alami. Petugas tidak bosan-bosannya memberikan himbauan untuk tidak mengambil apapun dari sekitar danai, seperti tanaman. Petugas juga dengan ketat mengawasi wistawan yang berniat melakukan corat-coret atau tindakan pengrusakan lainnya. Begitu juga dengan sampah, wisatawan dilarang keras membuang sampah sembarangan.

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Danau Gunung Tujuh, Pesona Tak Terbantah”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<