Candi Risan, Misteri yang Belum Terkuak

Foto: katawarta
Foto: katawarta

Candi Risan yang berada di desa Candirejo, Semin, Gunung Kidul, konon menurut catatan yang ada, candi ini dinilai paling lengkap artefaknya di wilayah Gunung Kidul. Nama Risan sendiri belum dapat dipastikan asal-usulnya. Namun yang berkembang dalam masyarakat merupakan singkatan dari ‘irisan’. Menjadi semacam gambaran bahwa candi ini berada dalam garis perbatasan kerajaan Surakarta dan Yogyakarta.

Candi yang sudah dipagari ini ternyata belum mendapatkan perhatian dari dinas purbakala setempat. Candi Risan hanya didiamkan sendiri tanpa seuil informasi berdasarkan temuan ilmiahnya.Konon candi ini merupakan candi Budha, terbukti dengan temuan stupa pada candi yang berukuran 13 x 13 meter. Meskipun masih menampakan bentuk candi, namun kerusakan yang dialami memnghilangkan informasi yang ada.

dibandingkan dengan candi Prambanan, Candi Risan dianggap lebih tua, sudah ada sejak abad 3. Candi Risan tak diusik oleh penduduk lokal, sebab ada mitos yang hidup di dalamnya. Konon kalau ada penduduk yang memanfaatkan batu dari candi ini sebagai tungku memasak, maka apapun yang dibuat pada tungku itu tidak akan pernah matang. Burung pun tak berani melintas di atasnya yang dapat menyebabkan kematian.

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Candi Risan, Misteri yang Belum Terkuak”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<