Busway Jenis Baru Ini Siap Untuk Diluncurkan

scania

Jakarta, Inibangsaku.com – Sebanyak 20 unit bus transjakarta gandeng merek Scania siap diluncurkan hari  (22/6/2015) pagi ini. Lokasi peluncuran dilakukan di Lapangan Monas, usai upacara peringatan Hari Ulang Tahun ke 488 Kota Jakarta.

Bus transjakarta gandeng merek Scania memiliki kapasitas hingga 140 orang dengan 39 kursi terdiri dari 6 kursi prioritas dan 2 ruang untuk pengguna kursi roda. Di bagian dalam terdapat 4 CCTV dan di bagian luar terdapat 2 CCTV di depan dan belakang bus.

Direktur Utama PT Transjakarta Antonius Kosasih memaparkan, sejumlah keunggulan teknologi yang dimiliki oleh bus buatan Swedia itu. Menurut dia, bus gandeng Scania memiliki beberapa keunggulan dalam hal daya tahan, standar keamanan serta kenyamanan, dan bahan bakar yang hemat dan ramah lingkungan.

“Aspek keamanan meliputi materi bahan dasar bus hingga sistem yang dirancang untuk keamanan para pengguna transjakarta. Pelapis lantai, karpet dan bahan interior Scania dibuat dari bahan tahan api bersertifikat BASF,” ujar Kosasih melalui keterangan tertulisnya.

Kosasih mengatakan, pintu penumpang pada bus gandeng Scania memiliki tiga fitur keamanan, yakni pintu tidak akan terbuka waktu bus berjalan; bus tidak bisa berjalan jika pintu terbuka; dan pintu akan kembali terbuka otomatis jika ada yang mengganjal.

Bus ini, lanjut dia, juga memiliki independent air suspesion di setiap axle pada masing-masing ban yang dikendalikan secara elektronik.

“Kendali elektronik ini mengendalikan ketinggian bus dengan suspensi udara berdasarkan beban dan kondisi jalan sehingga bus bisa beroperasi dengan nyaman setiap saat,” ujar dia.

Dalam hal bahan bakar, Kosasih menyebut mesin bus gandeng Scania sudah memenuhi standar emisi Euro 6 yang ramah lingkungan dan hemat bahan bakar. Mesin ini sanggup menghemat bahan bakar hingga 1,5 kilometer untuk setiap 1 LSP (liter setara premium).

Bus ini juga memiliki dua lubang pengisian bahan bakar, yang masing-masing berada di bagian kanan dan kiri bus.

“Diharapkan bus-bus baru ini cukup mengisi BBG satu kali setiap harinya sehingga mampu lebih lama beroperasi setiap harinya dan mengangkut lebih banyak penumpang,” kata Kosasih.

(sumber:Angga inibangsaku.com)

You may also like...

0 thoughts on “Busway Jenis Baru Ini Siap Untuk Diluncurkan”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<