Budi Gunawan Menjadi Wakapolri

calon kapolri

Jakarta, inibangsaku.com – Berdasarkan sidang Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti). Komjen Budi Gunawan telah terpilih menjadi wakil kepala Polri. Hal ini disampaikan oleh Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane.

“IPW mengapresiasi dan mengucapkan selamat atas terpilihnya Komjen Budi Gunawan sebagai wakil kepala Polri dalam Wanjakti plus yang dihadiri semua komjen, irjen, dan para kapolda beberapa hari lalu,” terang Neta melalui siaran persnya, Selasa (21/4/2015).

Neta mengatakan, dari informasi yang diperoleh IPW, peserta Wanjakti solid memilih Budi Gunawan sebagai wakil kepala Polri. Semua jenderal yang hadir menandatangani persetujuan itu. Bahkan, Neta menyebut hasil Wanjakti itu pun telah dilaporkan ke Presiden Joko Widodo.

Sepeninggal Budi, posisi Kepala Lembaga Pendidikan Kepolisian (Kalemdikpol) akan diisi oleh Irjen Syafruddin, perwira Polri angkatan 1985, yang saat ini masih menjabat sebagai Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Div Propam).

Budi dianggap merupakan sosok yang tepat untuk mengisi posisi Wakapolri dikarenakan beliau adalah tipe jenderal yang loyal dengan atasan dan institusi. Terlebih lagi, IPW menilai Budi banyak membantu Kapolri selama ini dan membuat konsep perubahan di Polri.

Budi gagal menjadi kepala Polri setelah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK dalam kasus rekening gendut. Setelah penetapan tersangka itu, Bambang dan Ketua nonaktif KPK Abraham Samad dijerat tersangka oleh kepolisian.

Tak lama kemudian, hakim Sarpin Rizaldi yang memimpin sidang praperadilan memutuskan penetapan tersangka Budi oleh KPK tidak sah. Sarpin mengatakan bahwa kasus tersebut berada diluar wewenang KPK.

Hanya saja Presiden tetap memutuskan tidak melantik Budi sebagai kepala Polri meskipun sudah disetujui oleh anggota DPR. Jokowi mengusulkan Badrodin Haiti menjadi kepala Polri.

(sumber:Angga inibangsaku.com)

You may also like...

0 thoughts on “Budi Gunawan Menjadi Wakapolri”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<