Berikut Alasan Novel Laporkan Budi Waseso Beserta 8 Polisi Lainnya Ke Ombudsman

nobasw

Jakarta, inibangsaku.com – Penyidik KPK, Novel Baswedan, mengadukan Kabareskrim Kepolisian RI Komjen Budi Waseso beserta delapan polisi lain ke Ombudsman RI. Hal ini terkait dengan penangkapan dan penahanan Novel oleh polisi pada Jumat dinihari, (1/5/15).

“Budi Waseso diadukan atas tindakan mengeluarkan surat perintah yang menjadi konsideran dalam surat perintah penangkapan dan penahanan. Ini tak lazim dan bisa disebut mengintervensi penyidik,” ujar Muji Kartika Rahayu selaku tim pengacara Novel, di Ombudsman, Rabu, (6/5/15).

Delapan polisi lainnya yang dilaporkan kepada Ombudsman. Salah satunya Brigadir Yogi Haryanto, beliau diperkarakan karena melaporkan Novel atas peristiwa penembakan tersangka pencurian sarang burung walet di Bengkulu. “Dia bahkan tak ada di tempat kejadian perkara,” terang Muji.

Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Herry Prastowo juga diadukan karena mengubah pasal lalu meneken surat perintah penangkapan Novel.

Lima penyidik Bareskrim dilaporkan atas penangkapan yang diyakini bertujuan di luar penegakan hukum. Mereka memaksa menangkap dan hendak mengangkat Novel untuk dibawa ke Bengkulu.

Beberapa perwira lainnya juga dilaporkan karena menghalangi keinginan penasihat hukum bertemu dengan Novel. Para penyidik itu yakni Priyo Soekotjo, Agus Prasetyono, Herry Heryawan, T. D. Purwantoro, dan Teuku Arsya Kadafi.

Satu polisi lain yang diadukan yakni Mahendra, petugas piket di kantor Bareskrim yang pada 1 Mei lalu menghalangi akses pengacara memberikan bantuan hukum kepada Novel.

(sumber:Angga inibangsaku.com)

You may also like...

0 thoughts on “Berikut Alasan Novel Laporkan Budi Waseso Beserta 8 Polisi Lainnya Ke Ombudsman”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<