Bareh Solok

arieyusuf1.files.wordpress

Bupati Solok Syamsu Rahim mempresentasikan keunggulan bareh solok, sebagai beras ternama di Sumbar pada seminar bertajuk “Budidaya Padi Organik” di kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) pada bulan April 2013.

”Bupati diundang IPB menjadi narasumber bersama wali Kota Depok dan Bupati Fakfak, Papua Barat. Sebagai pembicara uatamanya Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi. Ini kebanggaan bagi rang Solok,” kata Kepala Bagian (Kabag) Humas Sekeretaris Kabupaten (Sekkab) Solok Dodi Osmon di Arosuka.

Menurutnya, dalam seminar tersebut Bupati Solok memaparkan potensi dan keunggulan bareh Solok yang sudah dikenal, terutama di Sumbar. “Bareh Solok kebanggaan warga kabupaten ini, kualitasnya cukup bagus dan rasanya enak dan khas. Tidak ditemukan di daerah lain,” katanya.

Dikatakan, dalam kesempatan itu bupati juga memaparkan tentang cara petani mengolah areal sawah di daerah itu. “Hal itu juga bisa bermanfaat bagi semua peserta seminar,” ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Solok Darman menjelaskan, pertanian merupakan salah satu sektor prioritas di daerah itu karena sebahagian besar masyarakatnya petani.

Dia menambahkan, untuk menunjang sektor pertanian tersebut dalam tahun ini pihaknya telah menargetkan dan optimistis mampu mencapai target surplus beras sebesar 20 ribu ton. Menurut dia, semenjak dua tahun belakangan kabupaten itu terus mengalami peningkatan produksi beras, pada tahun 2010 total produksi gabah kering giling (GKG) 318 ribu ton, pada 2011 mencapai 337 ribu ton, atau naik 6 persen. “Dan tahun ini kita menargetkan 6,5 persen, kita yakin bisa mencapainya, dan bahkan lebih dari itu,” katanya.

Upaya yang telah dilakukan untuk mencapai surplus beras tersebut, menurut Darman, bukanlah dengan menambah areal pertanian, namun dengan mengubah pola bercocok tanam  masyarakat dengan menerapkan padi tanam sebatang (PTS). ”Jika penerapan PTS dilakukan sesuai aturannya diyakini hasilnya akan bisa mencapai dua kali lipat dari sebelumnya,” katanya.

Sumber :

posmetropadang.com

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Bareh Solok”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<