Banyak Kepala Daerah Layak Jadi Menteri

jokowi1

JAKARTA, inibangsaku.com – Setelah resmi menjadi Presiden dan wakil presiden Republik Indonesia periode 2014-2019, harapan publik kepada Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-Kalla)  terus menguat.

Selama lima tahun kedepan Jokowi-Kalla diharapkan dapat segera merealisasikan janji-janji manisnya selama masa kampanye pemilu presiden (pilpres) lalu. Sebagai langkah awal untuk mewujudkan janji-janji masa kampanye, maka Jokowi-Kalla harus memilih pembantu-pembantunya yang profesional, dan mempunyai pandangan serupa dengan ide dan gagasan keduanya.

Selain melibatkan tokoh profesional dan kalangan politik, Jokowi-Kalla juga diharapkan melibatkan keterwakilan daerah dalam pemerintahannya selama lima tahun kedepan.

“Ia dulu kan berangkat dari pejabat daerah, mulai dari walikota, gubernur hingga presiden. Jadi jangan apriori dengan keterwakilan pejabat daerah di kabinetnya nanti” kata analis politik dan komunikasi Universitas Pelita Harapan  Emrus Sihombin dalam keterangan persnya kepada redaks, Selasa (21/10).

Ditambahkan Emrus banyak kepala daerah setingkat bupati, walikota hingga gubernur yang memiliki kapasitas dan integritas yang layak menjadi menteri. Apalagi kepala daerah yang terpilih dan menjabat dua periode memimpin daerah, tentu memiliki kemampuan manajerial pemerintahan.

Namun dia mengakui bahwa dalam penyusunan kabinet ada aspek politik yang sulit dihindari. Meski begitu, figur yang diusung
tetap harus memiliki kompetensi dan kapabilitas di bidangnya. Ia pun berani bertaruh bahwa pejabat daerah di kabinet lebih baik kinerjanya dibanding sekedar tokoh nasional atau pejabat profesional yang duduk di kementerian.

“Untuk menjadi menteri bukan profesionalisme tetapi integritas. Bekerja secara nyata transparan dan tidak neko-neko. Dan itu sering
kita dapati dari pejabat daerah yang mau turun langsung atau diistilahkan blusukan. Beda dengan pejabat profesional yang enggan
menyatu dengan masyarakat,” tutupnya. (IB/Bahaudin Marcopolo)

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Banyak Kepala Daerah Layak Jadi Menteri”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<