Banjir Kiriman Dari Bogor Kembali Mengancam Jakarta

katulampa

Jakarta, Inibangsaku.com – Curah hujan yang mengguyur kawasan puncak menyebabkan ketinggian air sungai Ciliwung di penanda mercu bendungan Katulampa Bogor kembali naik menjadi 1000 centimeter, atau berstatus siaga 3 setelah bertahan di posisi ketinggian 80 centimeter.

“Pada pukul 15:45 WIB Tinggi Muka Air sungai ciliwung di bendungan Katulampa kembali meningkat yang awalnya pada pukul 12:30 WIB mencapai 80 centimeter menjadi 100 centimeter,” ujar Kepala Pengawas Bendungan Katulampa Bogor, Andi Sudirman, Senin 9 Februari 2015. Kurang lebihnya dapat diprediksi sekitar 7 jam lagi air sampai ke Jakarta.

Menurutnya, meningkatnya ketinggian sungai air Ciliwung tersebut diakibatkan karena kondisi cuaca di wilayah hulu sungai (kawasan puncak) masih diguyur hujan.

“Meskipun intesitas dan curah hujan yang mengguyur kawasan puncak sedang, akan tetapi durasi hujannya sangat lama sehingga berpengaruh terhadap ketinggian muka air di bendungan Katulampa” tambahnya.

Dengan tinggi muka air yang mencapai 100 centimeter, maka volume air yang akan sampai ke Jakarta mencapai 138.126 liter/detik. “Jumlah tersebut akan bertambah terlebih jka wilayah Depok dan Jakarta juga diguyur hujan,” imbuhnya.

Andi menghimbau kepada masyarakat yang tinggal di sepanjang aliran sungai Ciliwung lebih waspada akan peningkatan debet air, terutama di daerah-daerah rawan banjir.

Hingga kini sejumlah daerah di Jakarta telah terendam banjir dengan ketinggian sampai dengan 80 centimeter, akibat curah hujan yang tinggi selama 2 hari berturut-turut.

(sumber:Angga inibangsaku.com)

You may also like...

0 thoughts on “Banjir Kiriman Dari Bogor Kembali Mengancam Jakarta”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<