Banyuwangi Memuluskan Jalan Darat dan Udara

Pada tahun 2012 rupanya kabupaten Banyuwangi sudah membenahi dirinya dengan berbagai infrastruktur yang siap untuk menerima wisatawan-wistawan dari lokal maupun mancanegara. Memang harus diakui bahwa sektor pertanian, perikanan, dan peternakan masih menjadi sektor yang primadona sekitar 49% dari jumlah yang ada. Sedangkan sektor pariwisata di Banyuwangi ini dan jasa lainnya hanya mendapatkan jatah sekitar 27%. Meskipun demikian di tahun 2012 ini kabupaten Banyuwangi memfokuskan diri dengan membangun sektor pariwisata.

Meskipun sektor pertanian dan pariwisata dapat dikatakan berseberangan. Namun bukan berarti tidak berjalan beriringan. Pemanfaatan sektor pertanian dalam pariwisata agrokultural menjadi salah satu atraksi wisata di Banyuwangi. Harus diakui bahwa wisata agrokultural ini menjadi daya tarik tersendiri yang memiliki potensi jual. Wisatawan mancanegara yang datang ke kabupaten Banyuwangi memang tertarik untuk menyusuri wisata agrokutural ini. Kehidupan saling menunjang antar sektor inilah yang dihidupkan oleh Banyuwangi.

Banyuwangi menyadari bahwa sektor-sektor tersebut –tak hanya pariwisata, tidak akan sampai pada puncak kesuksesan bila tidak ditopang oleh infrastruktur yang baik. Salah satunya adalah ketersediaan lapangan udara perintis yang sudah dapat melayani penerbangan Surabaya-Banyuwangi PP. Panjang runaway dari lapangan terbang di Banyuwangi ini adalah 1600 meter. Lapangan terbang ini dapat didarati oleh pesawat terbang MD-60 atau sekelas dengan itu. Rencananya bandar udara ini akan diperpanjang menjadi 2000 meter sehingga dapat didarati oleh pesawat sekelas Boeing 737. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menyadari bahwa dengan ketersediaan infrastruktur yang baik maka roda berbagai sektor di wilayah ini dapat berkembang lebih pesat lagi.

Pembangunan infrastruktur Kabupaten Banyuwangi juga termasuk membenahi infrastruktur darat dan laut. Khususnya pada sektor infrastruktur darat, bupati Banyuwangi memfokuskan pembangunan jalan ke Kawah Ijen. Untuk sektor pariwisata kabupaten Banyuwangi memfokuskan pada jalan. Untuk itu maka pembangunan jalan menuju lokasi wisata Kawah Ijen menjadi prioritas tersendiri. Pembangunan jalan tersebut adalah dengan meng-hotmix jalan sepanjang 12 kilometer. Kabupaten Banyuwangi mengharapkan bahwa di tahun 2012 ini jalan menuju Kawah Ijen sudah siap dipergunakan oleh masyarakat.

Pembangunan jalan-jalan di kabupaten Banyuwangi menurut anggaran tahun 2012 sebesar Rp.200 milyar. Jika jalan-jalan tersebut sudah baik dan digunakan oleh masyarakat, idealnya digunakan untuk akses ekonomi, industri dan pendidikan. Kehadiran jalan-jalan yang mulus itu akan memperlancar dan membantu mengurangi ongkos angkutan, seperti contohnya pada sektor pertanian yang membutuhkan angkutan yang cepat hingga ke pasar.

Berbicara mengenai pariwisata di Banyuwangi sebenarnya menyimpan potensi yang besar. Seperti Kawah Ijen, Sukamade yang dikenal karena penyunya dan Plengkung yang terkenal di kalangan para surfer mancanegara. Agus menjelaskan bahwa saat ini kehadiran wisatawan ke Banyuwangi merupakan paket wisata perjalanan yang berasal dari Malang atau Bromo. Tujuannya biasanya adalah ke Kali Baru cottage atau Ijen Resort. Bila menuju Kali Baru, maka tujuan wisatanya adalah wisata perkebunan atau agribisnis. Sedangkan di Ijen resort, maka wisatawan akan disungguhi Kawah Ijen. Sedangkan yang menuju Plengkung biasanya kebanyakan berasal dari Bali. Plengkung dikenal memiliki lokasi bernama G-Land yang dikenal oleh para surfer mancanegara.

Untuk menyebarkan informasi tentang Banyuwangi, maka jalinan hubungan dengan pihak-pihak lain sangat erat dilakukan. Seperti dengan pelau bisnis wisata, seperti agen-agen perjalanan, kemudian juga melakukan link dengan situs-situs agen perjalanan. Kabupaten Banyuwangi sendiri merupakan salah satu kabupaten yang maksimal menggunakan media ienternet sebagai sarana berpromosi dan memperkenalkan kawasan ini. Di samping itu jalinan komunikasi dan kerja sama juga dilakukan dengan media konservatif, seperti majalah dengan harapan dapat memberikan informasi yang jauh lebih lengkap.(Suryo Paksi)

 

 

 

Tags

You may also like...

0 thoughts on “Banyuwangi Memuluskan Jalan Darat dan Udara”

Leave a Reply

Bangsaku TV

FACEBOOK INIBANGSAKU

TWITTER INIBANGSAKU

<